4 Cara Memakai Toner

Dalam basic skincare routine yang biasa saya gunakan, toner tidak termasuk produk wajib seperti cleanser, moisturizer dan sunscreen. Namun kehadiran toner melengkapinya. 

Meskipun bisa di-skip, memang ada nilai lebih saat menambahkan toner pada rangkaian skincare yang biasa saya gunakan, kulit dipersiapkan untuk skincare berutkutnya. 

Dari beberapa produk toner yang pernah saya gunakan, ada 4 cara mengaplikasikannya dengan feel yang berbeda pula. 





Diteteskan ke Kapas
Cara pertama, cara memakai toner yang paling konvensional. Setelah membersihkan wajah, toner diteteskan ke kapas lalu digosokkan ke kulit. Cara ini biasanya dipakai untuk toner yang berfungsi  mengangkat sisa makeup dan kotoran, serta exfoliating toner. Tetapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk hydrating toner. Wajah jadi terasa lebih bersih dan segar. 



Dituangkan ke Tangan
Cara memakai toner berikutnya terbilang praktis, tinggal dituangkan ke tangan lalu tap-tap ke wajah. Biasanya cara ini dipakai untuk booster atau hydrating toner. Setelahnya, kulit terasa lembap, siap untuk memerima step skincare berikutnya. 



Dimasukkan ke Dalam Botol Spray
Toner dijadikan face mist? Bisa dong! Toner yang dimasukkan ke dalam botol spray itu biasanya hydrating toner yang bisa memberi efek soothing atau glowy. Cara memakai toner ini bisa memberikan kesegaran instan di wajah, terutama saat cuaca panas. 



Chizu Saeki Method
Berikutnya adalah digunakan untuk CSM (Chizu Saeki Method). Konsep cara memakai toner untuk CSM ini mirip dengan sheet mask. Basahi kapas tipis dengan toner, lalu tempelkan di dahi, pipi dan dagu. Kalau punya compressed sheet mask, malah lebih bagus. 



Compressed sheet mask dikemas seperti permen. Awalnya bentuknya padat, rendam dalam toner, nanti akan mengembang dan menyerap tonernya, lalu tempelkan di wajah 15-20 menit. 

Biasanya toner yang digunakan adalah hydrating toner yang tidak hanya memiliki efek melembapkan saja, tapi juga calming dan brightening. Hasilnya akan terasa lebih lembap dan segar. 




Kita bisa menyesuaikan cara pakai toner sesuai kebutuhan. 
  • Kalau ingin kulit terasa lebih bersih, bisa pakai cara pertama
  • Cara kedua bisa digunakan untuk yang suka kepraktisan atau sedang buru-buru 
  • Untuk menyegarkan wajah setelah beraktifitas di luar ruangan, bisa gunakan toner sebagai face mist 
  • Dan, kalau ingin lebih deep hydration bisa menggunakan CSM 

Apapun cara pakai toner yang kamu pilih, selalu gunakan moisturizer setelahnya untuk mengunci kelembapan di kulit wajahmu, dan tetap wajib sunscreen di pagi hari. 

Nah, favoritmu yang mana? Atau kamu punya cara lain untuk menggunakan toner? Boleh di-share di kolom komentar ya. 









Next Post Previous Post
16 Comments
  • Seftinaqurnia
    Seftinaqurnia September 9, 2021 at 6:01 AM

    Aku tim taruh ketangan terus tepuk tepuk mbaa gak boros kapas hihihihi

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 9, 2021 at 9:40 PM

      😁 toss

  • duniaeni.com
    duniaeni.com September 10, 2021 at 5:20 AM

    Aku pakai toner paling suka ditaruh di kapas, tpi jadi boros banget karena biasanya kutuang gak kontrol dan banyak di kapas deh. Jadi sekarang lagi coba yang dituang di tangan

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 10, 2021 at 8:19 AM

      Nah

  • Tri Putri Yuniarti
    Tri Putri Yuniarti September 11, 2021 at 3:17 PM

    Aku baru tau kalau yang terakhir disebut CSM. Padahal sudah sering maskeran pakai toner hehehe.... Enak banget wajah langsung terhidrasi

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 13, 2021 at 3:32 AM

      Gimana hasilnya?

  • Jurnal Bunda Imut
    Jurnal Bunda Imut September 11, 2021 at 4:35 PM

    Malah baru tahu istilah csm setelah baca tulisanmu ini aku mbaa.. ehehheh

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 13, 2021 at 3:32 AM

      Wah

  • Erly Damayanti
    Erly Damayanti September 11, 2021 at 4:38 PM

    Saya suka cara lama yang paling praktis menurutku, yaitu tuang ke tangan aja hehee.. tapi sebenarnya di spray juga praktis ya tinggal kita suka yang mana yang sesuai kebutuhan

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 13, 2021 at 3:33 AM

      😆

  • ABC Fams
    ABC Fams September 11, 2021 at 5:07 PM

    Aku pakai Toner yang ditaruh di kapas, terus ditepuk2..hehe tapi skrg lagi ga rajin ..padahal manfaatnya banyak ya kak

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 13, 2021 at 3:34 AM

      Boleh skip koq

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah September 12, 2021 at 12:35 AM

    dulu aku makenya gosok ampe keras gitu, biar kotoran terangkat padahal ternyata yang baik tuh cuma di tap tap aja ya mbak biar wajah nggak kena luka. Makasih tipsnya mbak.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 13, 2021 at 3:37 AM

      Waduh

  • Kyndaerim
    Kyndaerim September 16, 2021 at 3:36 PM

    Baru tau dong kalo ada 4 cara make toner, haha.. selama ini taunya make dengan cara biasa aja.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 16, 2021 at 4:38 PM

      😁 boleh aja koq

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com