Tips Membuat Jacuzzi di Rumah untuk Relaksasi Keluarga

 


Memiliki jacuzzi atau kolam relaksasi di rumah sendiri menjadi dambaan banyak orang. Jacuzzi adalah bak berendam yang berisi air hangat dan dipakai sebagai tempat terapi atau relaksasi. Jacuzzi biasa ditemukan di hotel mewah, tempat rekreasi air panas, hingga di tempat spa. 


Meski dinilai sebagai fasilitas yang cukup eksklusif, namun kini sudah banyak rumah yang memiliki jacuzzi. Dengan adanya jacuzzi di rumah sendiri, maka hunian Anda akan semakin nyaman ditinggali. Jadi Anda tidak perlu keluar rumah untuk menikmati relaksasi guna menyegarkan pikiran dan menghilangkan rasa capek dari kesibukan bekerja. 


Namun keinginan untuk memiliki jacuzzi kerap terkendala lantaran biayanya yang terbilang mahal. Jika Anda mengalami masalah tersebut, mengajukan pinjaman tanpa agunan (KTA) dari perbankan bisa jadi solusinya. Dengan pinjaman KTA, Anda bisa mendapat tambahan modal untuk membuat jacuzzi di rumah. 


Sudah tidak sabar mewujudkan keinginan mempunyai jacuzzi sendiri? Sebelum itu, Anda perlu tahu tips membuat jacuzzi di rumah dan apa saja yang diperlukan?



Gambar dari Freepik

Tips Membuat Jacuzzi di Rumah

Adanya jacuzzi di rumah tidak sekadar membuat hunian Anda tambah mewah atau kian nyaman. Dengan berendam di jacuzzi, Anda akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari menghilangkan stres, mengurangi pegal dan nyeri otot, melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung, dan lainnya. 


Itulah mengapa banyak orang tertarik memiliki jacuzzi di rumah sendiri. Bagi Anda yang ingin membuat jacuzzi di rumah, berikut sejumlah tips yang perlu diperhatikan.


  1. Menentukan Tempat Pemasangan Jacuzzi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat berencana membuat jacuzzi di rumah adalah menentukan tempat pemasangan kolamnya. Pemilihan lokasi merupakan hal penting dalam proses pembuatan jacuzzi. Sebab lokasi jacuzzi berpengaruh pada kelancaran pengairan dan kenyamanan tempat tinggal Anda. Jangan lupa juga untuk menentukan ukuran jacuzzi, baik dari segi luas dan kedalaman kolamnya.


Pastikan Anda memilih tempat pembangunan jacuzzi di ruang khusus atau yang tidak terpakai untuk kebutuhan lain keluarga Anda. Misalnya Anda bisa membangun jacuzzi di halaman belakang, ruang kosong, atau di lantai atas dengan space yang tidak terpakai. Selain itu, jika jacuzzi dibuat di ruangan tertutup maka Anda harus memastikan sirkulasi udara bisa berjalan lancar. Jangan sampai ruangan malah menjadi lembab dan mengganggu kenyamanan keluarga Anda. 


  1. Memilih Material 

Selanjutnya Anda perlu memilih material yang akan digunakan untuk membuat jacuzzi. Ada berbagai jenis bahan yang bisa Anda pilih, namun sebaiknya Anda memakai material berkualitas terbaik. Jacuzzi yang dibuat dari material berkualitas akan lebih kokoh dan tahan untuk penggunaan dalam waktu lama. 


Misalnya dalam pemilihan lantai untuk dasar kolam jacuzzi. Pastikan Anda memilih lantai yang kuat untuk menahan beban dari orang yang berendam di dalamnya. Selain itu, pilihlah ubin keramik yang lapisannya anti selip sehingga tidak membahayakan. Sebaiknya hindari penggunaan material berbahan kayu karena mudah berubah bentuk dan membusuk.


  1. Menghitung Anggaran

Setelah menentukan ukuran jacuzzi dan material yang akan dipakai, selanjutnya Anda harus menyusun anggarannya. Perhitungan anggaran harus dilakukan secara rinci, mulai dari harga material, jumlah material sesuai ukuran jacuzzi, hingga biaya jasa kontraktor atau tukangnya. 


Jika kebingungan dalam menyusun anggaran, konsultasikan dengan kontraktor yang Anda pilih. Anda bisa menanyakan estimasi biaya yang harus disiapkan untuk membuat satu jacuzzi atau dengan model yang sesuai keinginan Anda. Pihak kontraktor biasanya akan memberikan saran terkait budget pembangunan jacuzzi. Mereka sudah berpengalaman dalam mengurusi masalah tersebut. 


Apabila biaya yang harus dikeluarkan cukup besar dan membebani keuangan keluarga, Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan (KTA) dari perbankan. Dengan mendapat pinjaman KTA, Anda bisa memiliki tambahan modal untuk membangun jacuzzi. 


  1. Memilih Jasa Konstruksi Terpercaya

Memilih jasa kontraktor untuk membangun jacuzzi tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pastikan Anda memilih kontraktor yang terpercaya, berpengalaman, dan benar-benar profesional dalam pengerjaan jacuzzi. Anda bisa meminta rekomendasi dari keluarga dan kolega, ataupun mencari lewat internet. 


Kontraktor profesional biasanya memiliki tim-tim ahli di bidang yang berkaitan dengan pembuatan jacuzzi. Umumnya ada tenaga ahli dalam pemasangan instalasi listrik, pompa, hingga filter air. Selain itu, kontraktor profesional umumnya juga menyediakan layanan konsultasi yang solutif bagi kebutuhan Anda.


Gambar dari Freepik


  1. Memperhatikan Kondisi Rumah

Saat ingin membangun jacuzzi di rumah, jangan hanya memikirkan kesenangan atau kenikmatannya saja. Anda juga perlu memahami risiko atau kondisi yang bisa Anda alami saat memiliki jacuzzi di rumah sendiri. Salah satunya dalam pemilihan lokasi harus diperhatikan untuk meminimalisir risiko yang bisa saja muncul.


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jacuzzi dengan konsep indoor akan membuat ruangan jadi lembab karena paparan uap air panas dari kolam. Jika kondisi ini dibiarkan maka bisa membuat dinding ruangan jadi berjamur. Selain itu, sirkulasi udara yang tidak baik juga dapat mengakibatkan masalah pernapasan bagi pemakainya. 


Hal yang Dibutuhkan untuk Membuat Jacuzzi

Ada beberapa kebutuhan dan tahapan dalam proses pembuatan jacuzzi. Meski sudah memilih jasa kontraktor profesional dan berpengalaman, Anda tetap harus mengerti apa saja yang diperlukan dalam pembangunan jacuzzi agar hasilnya tidak mengecewakan. 


Berikut ini sejumlah hal yang perlu disiapkan dan langkah-langkah pembuatan jacuzzi:


  1. Pemasangan Lantai Kolam

Tahapan pertama dalam pembuatan jacuzzi adalah pemasangan lantai kolam. Pastikan lantai kolam dibuat dengan permukaan yang datar, tidak miring atau bergelombang. Begitupun saat pemasangan ubinnya. 


Selain itu, pastikan juga konstruksi lantainya stabil sehingga mampu menahan beban secara aman. Lantai kolam harus dibuat untuk tahan dari volume air dan keberadaan orang yang berendam di dalamnya. 


  1. Pembuatan Rangka atau Frame Kolam

Selanjutnya adalah tahapan pembuatan rangka atau frame kolam. Kolam jacuzzi perlu dilingkari dengan frame sebagai penahan air dan beban ketika dipakai bersandar. Jadi pastikan Anda memilih material berkualitas terbaik yang kokoh untuk menahan beban saat kolam terisi penuh dan ada orang di dalamnya.


  1. Pemasangan Instalasi Kolam

Tahapan selanjutnya adalah pemasangan instalasi kolam. Ada beberapa instalasi yang diperlukan dalam pembuatan kolam jacuzzi, meliputi air, listrik, hingga drainase secara keseluruhan. Pastikan instalasi air dalam kondisi bersih dan pembuangannya lancar. 


Pinjaman KTA untuk Tambahan Modal Membuat Jacuzzi di Rumah

Setelah membaca tips di atas pastinya Anda sudah punya gambaran untuk membuat jacuzzi di rumah sendiri. Membangun kolam jacuzzi memang membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong. Namun Anda tidak perlu memusingkan besaran dana yang harus dikeluarkan. Anda bisa mengajukan pinjaman dana tanpa agunan (KTA) untuk mendapat tambahan modal membuat jacuzzi. 


Salah satu pinjaman tanpa agunan yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini memberikan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp300 juta sehingga sangat mendukung kebutuhan untuk membuat jacuzzi sesuai keinginan Anda dan keluarga. Pengajuan PermataKTA bisa Anda lakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi di sini.




Next Post Previous Post
3 Comments
  • Shalikah
    Shalikah August 31, 2023 at 4:22 PM

    Punya jacuzzi di rumah tentu asyik banget ya Kak. Bisa berendam melelas lelah setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Yang harus dipersiapkan sebelum membuat jacuzzi tentu bujetnya. Aneka solusi seperti di atas pun hadir untuk mewujudkan impian ini ya.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 1, 2023 at 9:02 PM

      Betull sekali

  • sarrahgita
    sarrahgita September 14, 2023 at 2:18 AM

    Tempo hari saya nonton tayangan Youtube salah seorang seleb yang punya jacuzzi di rumahnya di Bali. Menarik juga ya kalo punya jacuzzi di rumah. Tapi jujur saya sendiri merasa belum butuh punya jacuzzi sendiri. Paling kalo pengen berendam di jacuzzi tinggal sengaja staycation di villa atau hotel aja hehe. Anyway thankyou for share kak

Add Comment
comment url