5 Kesalahan Harus Dihindari ketika Renovasi Rumah Minimalis


Rumah minimalis menjadi impian banyak orang. Tak sedikit yang memanfaatkan pinjaman bunga rendah untuk kebutuhan renovasi rumah minimalis. Namun, sebelum menyulap rumahmu, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa detail penting dari bentuk rumah minimalis.

Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan renovasi. Agar tak salah langkah, cobalah memperhatikan ulasan berikut. 


Gambar dari Pexel

5 Kesalahan dalam Merenovasi Rumah Minimalis

Rumah minimalis cenderung mengarah ke konsep rumah yang “sederhana”, akan tetapi konsep ini kadang disalahartikan menjadi bentuk rumah yang tidak fungsional lagi. Cobalah menghindari 5 kesalahan berikut saat ingin membuat rumah minimalis.

  • Penempatan Pintu Dapur

Banyak kalangan yang mendesain rumah minimalis mereka menjadi seminimalis mungkin sehingga melupakan penempatan pintu dapur. 

Kesalahan tersebut dapat dilihat dari hadirnya pintu dapur yang mengarah langsung dari ruang tamu. Padahal, akan lebih baik jika kamu membuat pintu langsung yang mengarah ke dapur tanpa melewati ruang tamu lebih dulu. 

Jadi, ada baiknya saat membangun rumah minimalis dengan menggunakan pinjaman online bunga rendah, kamu juga menyediakan pintu khusus yang mengarah langsung ke area dapur. 

  • Lokasi Kamar Tidur

Lokasi kamar tidur juga sangat penting diperhatikan saat membangun rumah minimalis. Pasalnya, beberapa orang menginginkan konsep minimalis tapi malah membuat banyak kamar dengan kondisi lahan yang cukup minimalis juga. 

Jika memiliki area yang tidak terlalu luas, maka saat pembuatan denah ada baiknya untuk memperhatikan fungsi setiap ruangan, apakah maksimal atau tidak. Lokasi kamar sebaiknya berada jauh dari jalan raya. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari bisingnya suara kendaraan dan dapat tidur dengan aman dan nyaman. 

  • Lokasi Garasi

Jika kamu memiliki kendaraan, maka pastikan untuk membuat garasi yang langsung terhubung dengan dapur. Lokasi garasi yang berdekatan dengan dapur akan memudahkan kamu saat menurunkan banyak barang tanpa harus melewati ruang tamu dan area lainnya. 

Jangan membuat garasi kendaraan terlalu jauh dari arah gerbang rumah. Pasalnya, hal tersebut hanya akan semakin mempersulit kamu saat memasukkan kendaraan. 

Pastikan pula untuk membuat ukuran garasi yang sesuai dengan jumlah kendaraan yang kamu miliki. Sekalipun menggunakan konsep minimalis, kamu tetap perlu memperhatikan kapasitas dari setiap barang yang ada di rumah agar tetap sesuai dengan fungsinya. 

Kehadiran pinjaman online bunga rendah bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu yang membutuhkan modal lebih dalam membangun garasi untuk rumah minimalis. 

  • Tidak Memperhatikan Kebiasaan Penghuni Rumah

Karena terlalu fokus pada konsep minimalis, beberapa orang kadang lupa untuk menyiapkan ruangan khusus untuk tempat mereka melakukan rutinitas. Jika kamu adalah seorang pelukis misalnya, maka pastikan untuk menyiapkan ruangan khusus seperti studio lukis mini di dalam rumah. 

Pisahkan ruangan ini dengan area lainnya untuk tetap menciptakan kesan yang minimalis. Jika memang tak memiliki lahan yang cukup luas, silahkan membuat sekat kecil saja agar ruangan favoritmu tidak berbaur dengan area yang lain. Hal ini juga akan membuat isi rumahmu lebih rapi dan tidak terlalu ramai dengan banyak perabotan.

  • Terlalu Fokus Pada Desain

Konsep rumah minimalis memang dikenal dengan desainnya yang sederhana tapi juga estetik. Karena terlalu sibuk memikirkan desain yang estetik tersebut, kadang beberapa pemilik rumah minimalis lupa akan kebutuhan paling dasar di dalam rumah seperti sirkulasi udara dan cahaya matahari yang baik. 

Oleh sebab itu, fokuslah memenuhi kebutuhan utama rumah sebelum mengarah ke konsep dan desain di dalam rumah minimalis.  

5 Kesalahan dalam Mendekorasi Rumah Minimalis

Selain kesalahan-kesalahan dalam merenovasi rumah minimalis, banyak kalangan juga sering membuat kesalahan saat melakukan dekorasi rumah minimalis. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Menghilangkan Pesona Keindahan

Sekalipun rumahmu memiliki konsep minimalis, maka bukan berarti harus menghilangkan pesona keindahan di dalamnya. Jika dekorasi cantik atau perabotan unik terlihat ramai, maka tak ada salahnya menambahkan beberapa tanaman saja. 

  • Mengurangi Perabotan 

Sekali lagi, konsep minimalis bukan berarti membuang atau menghilangkan banyak barang di dalam rumah. Hal yang perlu kamu perhatikan ialah fungsi setiap perabotan. 

Menghilangkan meja, rak hingga kursi tak membuat rumah menjadi minimalis, justru hal tersebut hanya akan membuat kekosongan di dalam rumah dan menghilangkan kebutuhan utama para penghuninya untuk menaruh barang dan juga duduk. 

  • Berlebihan dengan Monokrom

Warna monokrom memang sangat kental dengan nuansa konsep rumah minimalis. Namun, pada dasarnya, tak ada salahnya untuk memadukan warna dan material lainnya ke dalam nuansa monokrom tersebut. 

Kamu bisa memanfaatkan pinjaman bunga rendah untuk membeli karpet yang sedikit cerah atau memilih furniture yang berbahan kayu. 


Gambar dari Pexel

  • Mengabaikan Tekstur

Jangan lupa untuk menghadirkan tekstur yang menonjol pada ruangan. Rumah minimalis yang berisikan perabotan dan dekorasi yang juga minimalis hanya akan menimbulkan kesan yang terlalu flat, sehingga sangat tidak menarik. 

Salah satu contoh perpaduan tekstur dengan konsep minimalis dapat dilihat dari penggunaan kain sofa yang lembut dan pola bantal yang lebih bertekstur. 

  • Melupakan Kenyamanan 

Konsep minimalis tak melulu soal hal-hal yang berukuran kecil dan sederhana. Memiliki perabotan yang serba kecil tak membuat rumahmu menjadi semakin minimalis. Justru, hal tersebut hanya akan membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. 

Kesalahan-kesalahan di atas kerap kali diabaikan oleh banyak kalangan. Pada akhirnya, konsep minimalis yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan. 

Jika kamu berencana untuk mewujudkan rumah minimalis yang benar dan ideal namun terkendala biaya maka kamu bisa segera ajukan pinjaman bunga rendah digibank KTA. DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Informasi lebih lengkap bisa kamu cek di sini.

Next Post Previous Post
7 Comments
  • Jastitah
    Jastitah August 30, 2023 at 8:51 PM

    Thanks kak buat artikelnya! Dalam merenovasi rumah memang harus memperhatikan berbagai aspek, agar bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan kecil seperti yang dituliskan pada artikel ini.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 31, 2023 at 3:30 AM

      Betul, kesalahan kecil berdampak lama ya kak

  • PWWidayati
    PWWidayati September 1, 2023 at 12:35 PM

    menarik sekali artikelnya kak, saya kena ni di pintu dapur yang melewati ruang tami, bahkan pintu ruang tamunya langsung lurus ke dapur, mau direnov lagi biaya juga banyak wkwkwk. Untung aja sih gak banyak tamu yang ke rumah

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 1, 2023 at 9:07 PM

      Walah 😁

  • Ainun
    Ainun September 4, 2023 at 7:51 AM

    aku dulu pengennya punya ruangan yang terkesan minimalis dan dominan warna putih, tapi dipikir pikir aku sendiri juga suka sama warna warna cerah.
    Sesekali perlu juga ya diselipin warna cerah lainnya di dalam rumah kita, biar berwarna gitu

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 9, 2023 at 2:45 AM

      Wuih keren kak

  • Tomy Tegar
    Tomy Tegar September 14, 2023 at 8:20 AM

    trims ya udah share tips dan info seputar dekorasi rumah yang minimalis.. dekorasi penting bgt saat ini untuk meningkatkan feel dan mood kita saat menempati hunian baru

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com