Tips Memilih Sunscreen yang Cocok

Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata "sunscreen"? Di negara tropis yang terletak di garis khatulistiwa seperti Indonesia, sunscreen adalah skincare wajib di pagi hari. Apakah kamu tahu manfaat sunscreen? Apakah semua sunscreen akan cocok dengan kulitmu? Yuk kita simak tulisan berikut.

Manfaat sunscreen

Sunscreen aka tabir surya adalah skincare yang menghalangi kulit dari paparan langsung sinar matahari sehingga kita tidak perlu khawatir dengan efek buruknya. 

Paparan langsung sinar matahari yang menjangkau Bumi terdiri dari sinar UVA dan UVB. 
  • UVA: sinar ultraviolet dengan panjang gelombang 315 - 400 nm. Sekitar 95 persen sinar UV yang mencapai Bumi adalah sinar UVA, dapat menembus jendela dan awan. Efek buruknya menyebabkan kulit menggelap dan sunburn. Dalam jangka panjang UVA dapat menyebabkan kerusakan tidak langsung pada DNA, penuaan dini seperti keriput, UVA juga dikaitkan dengan beberapa jenis kanker kulit. 
  • UVB: sinar ultraviolet dengan panjang gelombang 280 - 325 nm. Sinar UVB yang menjangkau Bumi sebagian diserap oleh lapisan ozon, sebagian lagi masih bisa menembus atmosfer, tidak menembus jendela dan lebih cenderung disaring oleh awan. Dampak buruk sinar UVB antara lain merusak lapisan kulit terluar, membuat kulit tampak lebih gelap dan sunburn, bahkan melepuh. 
Jadi, manfaat sunscreen adalah melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari yang bisa membuat dark spot, kerutan, sensasi terbakar, kulit yang menggelap, bahkan kanker. Manfaat sunscreen yang langsung terasa adalah saat kita berpanas-panasan, kulit tidak terasa panas terbakar dan tidak menggelap. Dalam jangka panjang, manfaat sunscreen akan terasa saat memasuki usia mature. Garis halus dan kerutan bisa dicegah, begitu pula dengan kanker kulit. 

Setelah mengetahui efek buruk paparan sinar matahari langsung pada kulit dan manfaat sunscreen, tentunya sunscreen menjadi hal wajib di pagi hari. Lalu sunscreen seperti apakah yang cocok untuk kulit kita? 





Proteksi 

Untuk orang Indonesia yang berkulit sawo matang, memerlukan sunscreen dengan proteksi SPF minimal 30 dan PA+++. Lebih tinggi nilai SPF dan PA, maka semakin baik perlindungannya. 

Feel di kulit 

Seperti skincare lainnya, kita harus memilih skincare yang feel-nya enak di kulit. Ada beberapa sunscreen yang meninggalkan whitecast agak lama, rasa greasy dan atau panas di kulit, perih di mata saat berkeringat, atau bahkan rontok seperti daki. Pilihlah sunscreen yang terasa nyaman di kulit. 

Harga

Berhubung sunscreen ini selalu dipakai setiap pagi di cuaca cerah, mendung ataupun hujan, pasti cepat habis. Harga menjadi bahan pertimbangan berikutnya saat memilih skincare. Sesuaikan produk sunscreen dengan budget yang dimiliki, jangan sampai nanti malah tidak pakai sunscreen sama sekali. 


Memang sih agak tricky untuk memilih sunscreen yang cocok, namun setelah memahami manfaat sunscreen dan dampak buruknya bila tidak menggunakan sunscreen, tentu teman-teman akan lebih bijak dengan menggunakan sunscreen setiap pagi. 

Sudahkah kamu pakai sunscreen hari ini? Selalu gunakan sunscreen minimal 2 jari gendut dan re-apply tiap 2 jam sekali ya! 



Next Post Previous Post
16 Comments
  • halloannisa
    halloannisa October 15, 2022 at 6:34 AM

    setelah struggling cari cari sunscreen yang cocok, pilihanku jatuh pada skinaqua. Tapi lagi pengen coba yang L'oreal.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2022 at 5:44 AM

      Enakeun juga koq kak

  • FENDI
    FENDI October 15, 2022 at 4:16 PM

    Postingan menarik. Nanti saya coba beri rekomendasi ke teman-teman barangkali ada yang tertarik untuk mencoba jg. Sukses selalu untuk ngeblognya. Kereeen suka ngeblog ...

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2022 at 5:44 AM

      Trims juga sudah mampir

  • Putu Felisia
    Putu Felisia October 15, 2022 at 7:54 PM

    Anak aku tuh kusuruh pakai sunscreen malah gak mau. Maklum, anak cowok. Stigma anak cowok gak butuh skincare itu nyusahin juga.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2022 at 5:45 AM

      Hehehe

  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari October 16, 2022 at 7:13 PM

    walaupun jarang berada di luar ruangan, menurut saya tetap perlu menggunakan sunscreen apalagi usia saya sudah kepala 4, hal wajib setelah mandi pemakaian sunscreen ini

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2022 at 5:45 AM

      Nah

  • Jastitah
    Jastitah October 16, 2022 at 7:14 PM

    Sunscreen emang hal wajib yang selalu pakai setiap hari. Thanks ka sudah membagikan tips ini

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2022 at 5:46 AM

      Trims sudah mampir

  • Siti Nurhayati
    Siti Nurhayati October 16, 2022 at 8:19 PM

    Salah satu manfaat yg aku rasain setelah menggunakan sunscreen secara rutin adalah, kulit wajahku kenyal kembali, skin tone merata, serius. Dulu, boro-boro pakai suncsreen, taunya day cream doang. Padahal sunscreen sih yg lebih penting

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2022 at 5:46 AM

      Wow!

  • Tesalonika
    Tesalonika October 17, 2022 at 12:12 AM

    Nah ini nih, info yg aku butuhkan 🥲
    Suka galau milih suncreen yg tepat gimana. Thanks so much for sharing this!

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2022 at 5:47 AM

      Alhamdulillah kalau bermanfaat

  • @blogger_eksis
    @blogger_eksis October 18, 2022 at 10:53 PM

    Hmm.. hari ini aku belum pakai sunscreen sih karena masih beraktivitas didalam rumah. Cuma emang lagi cari produk sunscreen yang cocok sama tipe kulit kombinasi sepertiku ini*

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2022 at 5:47 AM

      Siip

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com