Keluarga Dwi Bahasa



Latar belakang keluarga kami terdiri dari beberapa suku di Indonesia. Ayah Ory berdarah Mandailing, bahasa ibu yang digunakan adalah bahasa Indonesia karena masa kecilnya di Medan yang multietnis. Sedangkan saya terlahir dari ayah Jawa dan ibu Sunda, dengan bahasa ibu bahasa Sunda, menghabiskan masa kecil di Jawa Barat yang homogen. 

Bersyukur banget para pendahulu Indonesia mendeklarasikan Sumpah Pemuda yang mempersatukan Indonesia dengan bahasa yang satu yaitu bahasa Indonesia, sehingga tetap bisa berkomunikasi dengan suku lain meskipun tidak bisa bahasa daerahnya. 


Sehari-hari kami pun berbahasa Indonesia, meskipun beberapa teman Ory berbahasa Sunda. Kadang mereka bisa nyambung ngobrolnya, kadang juga pulang main Ory bertanya pada saya tentang ucapan temannya yang memakai bahasa Sunda. Kesulitan kemudian terjadi setelah Ory masuk SD tahun lalu. 

Ada pelajaran bahasa Sunda, bukunya full bahasa Sunda. Ory bisa sih membacanya tapi tidak mengerti, dan saya pun berubah jadi penerjemah. Tidak mudah lho menerjemahkan bahasa Sunda text book ke bahasa yang dimengerti Ory, buat saya sepertinya lebih mudah menerjemahkan English to Indonesia

Hampir setahun di SD, beberapa kali ulangan harian, UTS dan UAS, saya lumayan amazed dengan nilai pelajaran bahasa Sunda Ory. Pernah dapat 70 dan 80! Saya saja waktu kecil rasanya jarang dapat nilai 7 untuk bahasa Sunda. 

Otak anak memang masih terbuka dan mudah menerima banyak hal, yang diajarkan ataupun yang dilihat dan ditirunya. Sebetulnya saya pun ingin memberlakukan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari agar anak-anak saya tidak terlalu gagu saat nanti belajar bahasa Inggris resmi di sekolah, namun kami sendiri tidak memakainya, apalagi lingkungan sekitar. 

Semoga saja ke depannya komunikasi keluarga kami yang sekarang masih dwi bahasa bisa plus bahasa Inggris. 








Next Post Previous Post
24 Comments
  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas June 9, 2021 at 11:33 PM

    Aku malah mau membiasakan bahasa Jawa ke anak-anak nggak bisa nih. Selain di sekolahnya nggak ada, karena nggak ikut kurikulum nasional. Di lingkungan juga udah sedikit yang berbahasa Jawa.

    Nah, di rumah anak2 malah cukup aktif bercakap2 pakai bahasa Inggris. Padahal nggak diajarin. Hanya karena rajin nonton youtube berbahasa inggris.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 10, 2021 at 12:39 AM

      Wah keren nih kk

  • chairina bawazir
    chairina bawazir June 10, 2021 at 6:36 AM

    Aku juga campur-campur di rumah. Ada yang dari sunda, jawa, jakarta. Jadi perpaduan bahasanya ada sunda, jawa, sama bahasa indo.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 10, 2021 at 4:56 PM

      Bagus nih patut dicontoh

  • Reskia Ekasari
    Reskia Ekasari June 10, 2021 at 9:05 AM

    Hihi iya betul kita beruntung ada bahasa Indonesia. Gak kebayang deh klo beda-beda bahasa di tiap. daerah. Masa mau belajar semuanya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 10, 2021 at 4:56 PM

      Nah

  • eka fl
    eka fl June 10, 2021 at 10:26 AM

    keberagaman bahasa di indonesia memang amazed ya, mirip translate bahas indo ke inggris. tapi seru, karena lewat bahasa jadi belaja juga budaya nya

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 10, 2021 at 4:56 PM

      Betul itu

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah June 10, 2021 at 2:50 PM

    Bahasa sunda ini aku nggak bisa mba, beberapa temen sering make bahasa sunda atau pedagang di sini juga kebanyakan sunda. Seru ya banyak kebudayaan. Ibuku Bali kalau di Bali make baahasa Bali semua tapi sekrang di Jawa

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 10, 2021 at 4:57 PM

      Wah ada juga yg multisuku di keluarganya

  • Nurrahmah Widyawati
    Nurrahmah Widyawati June 10, 2021 at 3:10 PM

    Kalau aku lucunya itu ayah ibuku sama2 jawa. Tapi ibuku jawa ngapak, ayahku jawa medok. Jadi aku dari kecil bhs indonesia wkwkwk. Biar adil kayaknya sih. Anak2ku full indonesia sih karena tinggal di tangerang skg. Tapi seru sih kalau punya dan bisa banyak bahasa :)

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 10, 2021 at 4:57 PM

      Wahahaha kebayang kak

  • Kyndaerim
    Kyndaerim June 10, 2021 at 3:10 PM

    Horas! Mbak, haha.. aku kira mbak Pipit yg orang Medan, hihi..

    Seneng ya kalo punya keluarga beda bahasa gini, jadi banyak belajar bahasa daerah dah.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 10, 2021 at 4:58 PM

      Hehehe... iya mayan seru

  • Iva C Wicha
    Iva C Wicha June 10, 2021 at 5:06 PM

    Aku harus siap2 pelajari bahasa sunda juga nih kyaknya, efek merantau jdi mempelajari bahasa tempat tinggal yaa

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 10, 2021 at 6:47 PM

      Siip nanti lama2 ngerti koq

  • Han
    Han June 10, 2021 at 5:10 PM

    Hihi, suamiku orang jawa tapi bahasa jawa alusnya parah bangettt karena kelamaan di Sunda, wkwk akhirnya kami pakai bhs indonesia aja untuk membiasakan anak2

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 10, 2021 at 6:48 PM

      Ah betul itu

  • Jurnal Bunda Imut
    Jurnal Bunda Imut June 12, 2021 at 12:54 PM

    Waah keren banget deh tulisannya ini mbaa.. semangat selalu ya mbaaa... Suka banget sama tulisan mba oryza ini..

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 12, 2021 at 9:55 PM

      Trims sudah mampir Kak

  • Hicha Aquino
    Hicha Aquino June 13, 2021 at 7:34 AM

    Pertama kali mampir ke sini. Salam kenal ya, mba...
    Kalau saya ortu minang tapi lahir di Aceh. Jadinya di rumah berbahasa Indonesia, ortu kalau ngobrol berdua pakai bahasa minang, dan di luaran banyak yang berbahasa Aceh. Masuk SMP mulai suka berbahasa Inggris, masuk kuliah tertarik dengan bahasa Jepang. Yang bikin ga enak, sekarang suka kecampur2 English, Indonesia, Jepang, ^^"

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 13, 2021 at 8:11 AM

      Wuih keren dan seru ya๐Ÿ˜†

  • Frans Enriko Siregar
    Frans Enriko Siregar June 14, 2021 at 8:08 PM

    saya keluarga bata, ayah ibu batak, tapi karena orang tua jarang menggunakan Bahasa batak untuk komunikasi dengan anaknya dan juga Bahasa ibu di rumah bukan Bahasa batak jadi anaknya tidak ada yang lancar berbahasa batak.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 15, 2021 at 12:05 AM

      Tetap Indonesia ya Kak

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com