Fatih dan Botol Susu Kesayangannya

Fatih terlahir 2 tahun yang lalu, cukup bulan bahkan lewat beberapa hari dari HPL (hari perkiraan lahir). ASI saya saat itu agak lebih banyak daripada saat melahirkan Ory yang prematur, tapi ternyata Baby Fatih yang sangat kuat menyusu tidak mau lepas dari nenen. Kondisi saya yang saat itu kelelahan setelah melahirkan, membuat saya memutuskan untuk memerah ASI, bisa dapat 10 ml sekali perah. Harus berhenti dulu sekitar 30 menit baru bisa diperah lagi. 

ASI perah tadi disendokkan ke mulut kecil Baby Fatih, dan dia tidak suka, kalau putus langsung nangis kejer. Dicoba pakai botol, pun nangis karena cepat habis. Sambung sufor (susu formula). Periode memerah ASI ini hanya bertahan sebulan, akhirnya full sufor. 


Ganti dot, ganti botol
Sejak giginya tumbuh, Baby Fatih senang sekali menggigiti dot botol, dan makin mudah sobek setelah usianya setahun. 

Ory juga pernah melempar bola dari atas tangga, menggelinding di anak tangga menghasilkan suara yang khas. Baby Fatih tertarik. tapi yang dilemparnya bukan hanya bola, semua benda dilemparnya, termasuk botol susu, bahkan hingga salah satu di antaranya jadi bocor. 

Kalau ingin menyusu, Fatih cuma mau dari botol susu, tidak mau dari gelas bayi atau gelas biasa. Botol susu Fatih tinggal satu. Kali ini saya menemukannya di halaman belakang, dilempar dari jendela kamar atas. Dan terakhir kali saya menemukannya di tempat sampah. 



Cara Menyapih Botol Susu
Kesal, dan sepertinya memang sudah waktunya Fatih minum susu pakai gelas. Kami pun memutuskan untuk menyapih botol susu, menggantinya dengan gelas bayi. 

Awalnya Fatih sempat nangis, tapi lama-lama mau setelah diperlihatkan botol susunya yang setu bocor dan yang satu kotor terkena sampah lain di tempat sampah. Saat bangun tengah malam minta susu pun Fatih awalnya tidak mau pakai gelas bayi. 

Fatih itu sebetulnya sudah bisa disuruh memasukkan gelas kotor ke wastafel, baju kotor ke tempat cucian dan membuang bungkus makanan ke tempat sampah. Tapi kadang kalau lagi iseng, dia tidak mau melakukannya. Setelah beberapa hari ternyata kebiasaan Fatih membanting-banting dan membuang barang juga berlaku pada gelas bayinya. Saya kembali menemukannya tergeletak di halaman belakang. 

Sekarang saya mengganti lagi gelas susunya dengan gelas biasa, bukan gelas bayi. Fatih harus minum sambil duduk, bahkan saat tengah malam minta susu pun saya memberika pakai gelas biasa. 


Perubahan kebiasaan Fatih
Sejak tidak memakai botol lagi, Fatih tidak mau tidur siang di kamar, maunya di depan tivi. Kadang di kursi panjang, kadang juga gelar karpet di bawah. Pipisnya pun tidak sesering biasanya karena saat memakai botol hampir tiap jam nyusu, malam pun beberapa kali terbangun, popoknya tidak cukup satu. Setelah pakai gelas, kadang hanya terbangun sekali, kadang malah bablas sampai pagi, dengan 1 popok saja.  

Kebutuhan cairannya saya ganti dengan memberinya minum air putih lebih banyak. Makannya pun jadi lebih banyak dan lebih sering dari biasanya, plus cemilan. 


Semoga tulisan saya di atas juga dapat menginspirasi ibu lain yang hendak menyapih anaknya dari botol susu. Reaksi setiap anak mungkin berbeda, mudah-mudahan tidak ada "drama". 


 




Next Post Previous Post
32 Comments
  • Antung apriana
    Antung apriana June 15, 2021 at 1:48 AM

    Anakku juga umurnya sudah 2 tahun masih pakai botol susu. Bingung juga nih gimana cara menyapihnya

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 15, 2021 at 4:06 AM

      Boleh coba diseling dengan gelas bayi kak

  • chairina bawazir
    chairina bawazir June 17, 2021 at 2:25 AM

    Aku juga punya cerita seru nyapih anak dari botol susu alhamdulillah gak sesulit yang di bayangkan.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 17, 2021 at 6:27 AM

      Syukurlah

  • Kyndaerim
    Kyndaerim June 17, 2021 at 6:12 AM

    Masya Allah Fatih super sekali, hihi.. Kalo anakku nggak pernah nih kenal botol susu, haha..

    Memang sih air putih paling best ya, Mbak..

    Sehat terus ya Fatih anak pinteerr..

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 17, 2021 at 6:28 AM

      Iya trims kk. Aamiin

  • Rizqillah Zaen
    Rizqillah Zaen June 17, 2021 at 9:55 AM

    anakku 3,5 tahun. mau sekolah ini. masih pakai botol susu. kok malah gak kepikiran buat sapih ya. ibunya udah keenakan. coba nanti deh pelan2. bismillah...

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 17, 2021 at 6:29 PM

      Semoga lancar kk

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta June 17, 2021 at 4:18 PM

    Kalau saya dari awal memang nggak kenalkan anak dengan botol susu tapi langsung gelas jadi mereka merasa aneh kalau minumnya pake botol susu..

    Syukurlah Fatih sudah bisa lepas dari botol susunya ya dan mau minum pake gelas. Minesnya minum pake gelas ya itu harus duduk, hehe

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 17, 2021 at 6:29 PM

      Wah hebat nih

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah June 17, 2021 at 5:42 PM

    Makasih sharingnya Kak, aku belum memasuki fase ini nih
    tapi semoga nanti mudah, dan nggak drama hehehe

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 17, 2021 at 6:29 PM

      Aamiin

  • eka fl
    eka fl June 17, 2021 at 6:59 PM

    Kalau susu masih tetap diberikan gak kak? Meski lepas DOT kalau susu kan masih diperlukan anak ya, minum nya pakai gelas yang ada corongnya

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 17, 2021 at 8:20 PM

      Masih kak pakek gelas biasa

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina June 17, 2021 at 9:02 PM

    Disapih dari breast ataupun botol pasti ada dramanya ya Mbak? Karena memang mengubah kebiasaan anak yang menenangkan. Maka kita sebagai orang tua wajib menjadi penenang mereka. Bukannya tambah rungsing, hehe.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 18, 2021 at 12:40 AM

      Ada juga sih anak yg gampang disapihnya. Anak tetsngga

  • Han
    Han June 19, 2021 at 5:44 PM

    Wah kak fatih, mudah2an sehat terus yaa. Sama nih, isya juga pakai botol susu

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 19, 2021 at 10:09 PM

      Moga pas disapih gak rewel ya dd

  • Fionaz
    Fionaz June 22, 2021 at 3:23 AM

    Anakq bulan depan juga udah 2 tahun kak, selama ini dia asi dan udah beberapa bulan sambil minum sufor karena berat badannya yang kurang. Sekarang agak dilema nih nyapih anakq biar nggak nenen lagi soalnya intensitas nenennya masih tinggi

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 26, 2021 at 6:06 AM

      Silakan dipikirkan kak. Yg disapih bukan susunya tapi botolnya

  • ovie
    ovie June 22, 2021 at 6:31 AM

    Masya Allah Fatih, bisa lepas dari botol susu. Perasaan empati ibu waktu liat anaknya nangis pasti gak kuat. Kak Oryza juga keren, sabar untuk melatih anak untuk lepas botol susu.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 26, 2021 at 6:06 AM

      Iya Kak Alhamdulillah

  • Amelia Syahrollie
    Amelia Syahrollie June 22, 2021 at 3:07 PM

    anak kedua ku full ASI, moga nanti menyapih juga gampang pake botol susu kayak kakak pertamanya.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 26, 2021 at 6:07 AM

      Aamiin

  • Nurrahmah Widyawati
    Nurrahmah Widyawati June 22, 2021 at 3:37 PM

    Aku belum pernah sih nyapib botol susu. Tapi kayaknya perjuanhannya sama ya. Drama banget, karena anak kehilangan tempat ternyamannya. Entah botol atau nenen. Hehe. Akupun lagi proses nyapih ASI nih. Do'akan sukses WWL ya :')

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 26, 2021 at 6:43 AM

      Semoga dilancarkan kak. Aamiin

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh June 22, 2021 at 5:46 PM

    hihi.. aku gak berani ngenalin anakku dengan botol susu atau dot, hehe.. karena banyak cerita lebih susah nglepasnya ketimbang nyapih langsung ya mbak, huhu..

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 26, 2021 at 6:44 AM

      Wah lebih bagus itu kak 👍

  • Amirotul Choiriah
    Amirotul Choiriah June 22, 2021 at 8:43 PM

    Sehat terus yaaa Fatih, ibunya jugaa ya.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com June 26, 2021 at 6:44 AM

      Aamiin... trims kak

  • Fadmala Anggriana
    Fadmala Anggriana July 13, 2021 at 9:25 AM

    Nyapih ASI dan botol pasti ada cerita tersendiri ya.. Alhamdulillah anakku jg udah disapih walaupun dulu sempat ada drama juga.. Hihii,, sehat terus mom sekeluarga :D

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com July 14, 2021 at 9:21 AM

      Congratz ya kak

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com