Pengalaman Akun Instagram Di-Hack



Begini awalnya 

Sabtu pagi, 3 April 2021, saya membuka Instagram, Tiba-tiba ada DM dari akun (lupa nama persisnya) @cllinic... menginformasikan bahwa saya menang giveaway. Untuk pengiriman produk, saya diminta mengisi data via sebuah link. Fyi, saya memang sering mengikuti giveaway, iseng-iseng berhadiah saja, kalau menang ya alhamdulillah, tidak menang pun tidak apa-apa. Beberapa hari sebelumnya memang saya mengikuti giveaway di akun @clinic... Sepintas nama akunnya mirip, bukan? 

Saya pikir itu memang akun asli tempat saya ikutan giveaway. Dalam DM-nya dikatakan harus masuk pakai akun Facebook. Tanpa rasa curiga, saya pun memasukkannya. Baru ngeuh saat setelah berkali-kali di-klik ternyata tidak ada apapun. 

Berhubung yang dimasukkan datanya adalah akun Facebook, saya pun langsung "mengamankannya" dengan mengganti password dan lain-lain. Saya baca banyak kejadian akun Facebook yang di-hack meminta sejumlah uang ke teman-teman akrabnya atau diisi konten mesum. Ketika kembali ke Instagram, ternyata sudah logout dari hape saya sendiri. Cek e-mail, ada notifikasi penggantian alamat e-mail dan username dari @ceritaoryza menjadi @popottimpok. Langsung klik "bukan saya" dan diberi link untuk memulihkan akun. 



Akhirnya bisa kembali. Segera saya pasang lagi foto profil, mengembalikan nama dan username seperti semula lalu membuat postingan bahwa akun saya sempat di-hack. Pagi itu anak saya rewel, jadi saya gendong dia dulu untuk menenangkannya. Setelah dia mau main lagi, ternyata akun Instagram saya sudah logout lagi

Foto profil dihapus lagi, nama akun jadi "popot" tapi username tetap @ceritaoryza, begitu juga profil dan post di dalamnya. 



Saat saya cek e-mail, ternyata ada notifikasi aktifitas masuk tidak wajar di akun saya melalu gadget V2027 pada hari Jumat, 2 April 2021 jam 16.23 WIB. Namun e-mail tersebut terlewatkan oleh saya. Saat itu akun saya masih normal. Saya lihat ada notifikasi terakhir dari Instagram yang menyebutkan alamat e-mail untuk akun @ceritaoryza sudah diubah, tapi saat klik link "bukan saya", link tersebut sudah tidak tersedia lagi. 



Upaya mengembalikan akun 

Saya coba googling cara mengembalikan akun Instagram yang di-hack. Ternyata caranya serupa, melalui menu HELP di Instagram namun ada beberapa submenu yang ternyata sudah tidak ada lagi atau bahkan tidak bisa diklik. 

Seorang teman dari sebuah grup memberi saya link https://help.instagram.com/149494825257596, tapi tetap saja hasilnya sama. Dia bilang mestinya hasilnya seperti ini: 




Dia juga memberi alamat e-mail support@instagram.com, katanya nanti akan dimintai identitas pribadi, dan harus jawab bersedia. Setelah saya mengirim e-mail ke alamat tersebut ternyata balasannya saya tetap harus masuk ke menu help. 



Kemudian teman saya itu mencoba masuk ke akun @ceritaoryza, yang ternyata sudah berubah alamat e-mail menjadi ini: 




Belum menyerah, saya mengirim DM melalui akun pribadi saya, dan saya diblokir. 


Kerugian yang saya alami setelah di-hack 

Dengan diambilalihnya akun saya oleh orang lain, saya tidak bisa menggunakannya lagi. Sedih sekali karena saya membangun akun tersebut tidak sebentar, emosi saya sudah terikat di sana. Di otak saya masih menempel nama @ceritaoryza sebagai akun saya. 

Mendapatkan 12 ribu followers itu tidak mudah. Saya ikut berbagai macam event follow-for-followed, berkali-kali, ini-itu... Beberapa kerjaan yang mensyaratkan followers di atas 10 ribu tidak dapat saya ikuti lagi, baik itu kerjaan yang barter produk ataupun yang dibayar. 

Saya juga khawatir akun tersebut disalahgunakan untuk merugikan orang lain atas nama saya, misalnya minta uang. Ada juga beberapa brand yang menghubungi saya via DM, atau kalau saya dapat giveaway juga biasanya dihubungi via DM. Takutnya dia akan memberi alamat pengiriman produk tapi tidak melakukan pekerjaan yang diminta. 

Akun media sosial menjadi portofolio juga, saya coba menyusunnya dengan baik. Orang yang memegang akun saya bisa dengan mudah menghapus semua post dan profil saya, sekaligus mengganti username, maka hilanglah portofolio saya. Membuat akun baru memang mudah, namun konten di dalamnya, insight, hubungan dengan brand, dibangun dari awal lagi. 


Orang yang mencuri akun saya

Beberapa orang yang saya curigai sebagai pencuri akun saya adalah:
  1. Orang yang ingin "membuktikan diri" bahwa dia sangat pintar hingga bisa membodohi saya sampai mencuri akun saya 
  2. Orang yang akan meminta "tebusan" berupa sejumlah uang untuk mengembalikan akun saya 
  3. Penjual akun Instagram
  4. Orang yang bakal mengaku "bisa" mengembalikan akun saya, padahal dia sendiri pencurinya 
  5. Atau orang yang dengan motif entah apa yang saya tidak tahu

Pencegahan

Untuk mencegah akun Instagram di-hack, beberapa hal dapat dilakukan:
  • Lakukan two factor authentication
  • Sering-seringlah memeriksa e-mail yang dipakai untuk akun Instagram agar langsung tahu kalau ada "aktifitas tidak wajar" pada akun Instagram
  • Mengganti password secara berkala agar tidak mudah bagi orang lain membobolnya
  • Menggunakan password berbeda untuk setiap akun e-mail dan media sosial atau yang lainnya agar orang lain tidak bisa menebak password 
  • Saran teman saya, mengubah jenis akun Instagram dari personal menjadi bisnis. Katanya akun bisnis lebih sulit di-hack
  • Selalu logout dari gadget yang tidak biasa digunakan, dan jangan "simpan password". Misalnya terbiasa pakai hape sendiri lalu dalam kondisi tertentu pakai hape orang lain

Langkah berikutnya yang saya lakukan

======================================
Berhubung saya perlu akun Instagram, saya membuat akun baru yaitu @ceritaoryzadotcom, membuat pengumuman di beberapa grup dan blog bahwa akun awal saya di-hack dan minta tolong REPORT akun @ceritaoryza. Saya juga mengirim DM ke teman-teman di akun lama untuk me-report akun tersebut.
======================================

===UPDATE===

Hacker sudah mengganti username akun lama saya menjadi (at)d.bgstt, sehingga akun baru saya bisa menggunakan lagi username @ceritaoryza. Kalau berkenan tolong REPORT lagi akun lama saya yang di-hack dan sudah berganti username.

Saya mencari-cari informasi untuk mengadukannya ke Polisi Cyber tapi saya tidak menemukannya. 

Mungkin saya sudah penat dan menyerah. Belajar ikhlas dan move on. Tidak mudah tapi harus bisa saya lakukan, mulai dari menghubungi lagi teman-teman di akun lama, membuat konten dan re-post konten lama. 


Ucapan terimakasih 

Last but not least, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada teman-teman di ATM English Club, ICC, IBC, BSS, GBS dan komunitas lainnya serta teman-teman yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu, di berbagai media sosial, yang sudah memberi bantuan untuk me-report akun lama, follow akun baru, memberi saran, masukan, support dan simpati pada saya. Semoga Allah memberikan balasan yang pantas. Aamiin... 

Demikianlah pengalaman akun Instagram saya di-hack. Semoga curhatan saya kali ini bermanfaat. 


Next Post Previous Post
14 Comments
  • Ria Bilqis
    Ria Bilqis April 11, 2021 at 4:31 PM

    Panik kalau instagram di hack, apalagi kerjaan kita banyak menggunkan instagram harus waspada ya.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com April 11, 2021 at 11:50 PM

      Betul 😭

  • Harumi Paramaiswari
    Harumi Paramaiswari April 12, 2021 at 11:28 PM

    Sekarang lagi marak banget ya Mba, tiba-tiba akun ig hilang karena dihack. Apalagi kalo ig dan fb nya terkonek, bisa langsung hilang dua-duanya. Penting banget nih untuk two factor authentication.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com April 13, 2021 at 5:44 AM

      Iya

  • Angrumaoshi
    Angrumaoshi April 15, 2021 at 4:39 AM

    Sabar ya bunda, membaca ini membuat saya lebih waspada lagi untuk keamanan akun IG ataupun sosmed lainnya.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com April 15, 2021 at 11:29 AM

      Berul

  • Retno Mandriyarini
    Retno Mandriyarini April 15, 2021 at 6:21 AM

    Iya panik banget kalau akun media sosial di hack, semoga gak pernah ngalamin. Pertama takut dibuat akun penipuan, kedua temen dan memori di dalamnya bakal ilang juga huhuhu. Semoga pelakunya diberi perlakuan yg setimpal

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com April 15, 2021 at 11:30 AM

      Aamiin...

  • M. Norfahrul
    M. Norfahrul April 18, 2021 at 9:41 PM

    Tega skli yah orang yang kayak gitu,
    Tapi allah pasti ganti kok dengan yg lebih baik

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com April 19, 2021 at 1:07 AM

      Iya Kak 😭 Aamiin

  • Rubicsun Indonesia
    Rubicsun Indonesia April 18, 2021 at 10:07 PM

    wah kena phising ya, lain kali hati-hati kalau disuruh login di link

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com April 19, 2021 at 1:08 AM

      Betull. Iya kak.

  • Reskia Ekasari
    Reskia Ekasari May 13, 2021 at 7:20 PM

    Beberapa bulan yang lalu, akun media sosial organisasi saya kena hack. Gak tanggung-tanggung yang dihack adalah akun organisasi tingkat nasional. Dimana sudah ada lebih dari 50k followers. Sama seperti pengalaman yang mbak juga, salah satu admin medsos tidak sengaja klik link yang dikirim via dm. Tetapi kasusnya berbeda, kalau yang mbak mengenai giveaway nah yang akun medsos orgnss kami itu dikirim dm tentang copyright gitu2.

    Hahhh kesal deh rasanya, bertebaran hacker jahat ini. Semoga kita selalu berwaspada ya mbak. Semangat selalu membangun branding media sosialnya.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com May 13, 2021 at 9:50 PM

      Waduh! Jadi ikutan marah rasanya.

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com