RINTIK No Bump Lotion: Solusi untuk Chicken Skin di Hidden Area

Apakah teman-teman kenal dengan istilah chicken skin? Kesehatan skin barrier yang harus dijaga bukan hanya di wajah, namun juga di seluruh tubuh, termasuk pada area tertutup seperti lutut, siku, ketiak bahkan di (maaf) bagian belakang. Lalu apa sih chicken skin itu? Apa penyebabnya? Bagaimana mengatasinya? Yuk kita lihat paparan berikut ini. 


Mengenal chicken skin

Dirangkum dari berbagai sumber, chicken skin atau dikenal juga dengan sebutan keratosis pilaris, adalah kondisi kulit di mana folikel rambut tersumbat dan menyebabkan penampilan seperti tekstur kulit ayam (chicken skin). Kondisi ini terjadi penumpukan keratin di sekitar folikel rambut, menyebabkan tonjolan kecil berwarna merah atau putih yang mirip dengan kulit ayam yang berbulu. Biasanya terjadi di lengan atas, paha, atau bokong, meskipun dapat muncul di bagian tubuh lainnya. Ini umumnya bukan kondisi serius, tetapi dapat menjadi masalah kosmetik bagi beberapa orang. Perawatan biasanya berfokus pada melembapkan kulit dan penggunaan bahan-bahan tertentu yang dapat membantu mengurangi penampilan kulit bermasalah tersebut. 

Gejala utama chicken skin adalah munculnya benjolan kecil, berwarna putih hingga kemerahan, pada permukaan kulit. Benjolan ini terasa kasar saat diraba dan menyerupai kulit ayam yang telah dicabuti bulunya, sehingga dinamakan chicken skin. 


Penyebab

Chicken skin terjadi akibat penumpukan keratin, protein yang secara alami membentuk lapisan terluar kulit. Ketika keratin menumpuk dan menyumbat folikel rambut, terbentuklah benjolan kecil yang kasar pada permukaan kulit. 

Penyebab pasti chicken skin belum diketahui secara jelas, namun diduga ada beberapa faktor yang berperan, yaitu:
  • Genetik: chicken skin lebih sering terjadi pada orang yang memiliki keluarga dengan riwayat kondisi kulit serupa.
  • Kulit kering: kondisi kulit kering dapat memperparah chicken skin
  • Kondisi cuaca: udara dingin dan kering bisa memperburuk benjolan pada kulit
  • Obesitas: berat badan berlebih diduga menjadi faktor risiko chicken skin

Meskipun chicken skin tidak berbahaya, kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Benjolan yang muncul dapat mengganggu penampilan, terutama saat mengenakan pakaian lengan pendek atau celana pendek. 

Pada beberapa kasus, chicken skin bisa disertai dengan rasa gatal, terutama pada cuaca dingin dan kering. Gatal yang terus digaruk berisiko  menimbulkan iritasi dan infeksi pada kulit.


Cara mengatasi

Kita mungkin bisa mencegah terjadinya chicken skin dengan cara menjaga kebersihan kulit, namun bila sudah terlanjur ada bagaimanakah cara mengatasinya? 

Berikut beberapa cara untuk mengatasi chicken skin:
  • Menjaga kelembapan kulit
  • Hindari penggunaan pakaian ketat, gunakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut untuk mengurangi gesekan pada kulit
  • Lakukan eksfoliasi secara lembut untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dengan Rintik No Bump Lotion


Mau tahu lebih banyak tentang solusi untuk chicken skin dengan Rintik No Bump Lotion


Rintik No Bump Lotion

Isi: 100 ml
Harga: Rp 89.000
BPOM: 18220109173

Lotion yang mengatasi kulit bruntusan, chicken skin, kulit kasar, jerawat punggung atau back acne dan kulit budukan dengan cara mengoptimalkan natural eksfoliasi di kulit tubuh , mengangkat sel kulit mati yang menumpuk agar kulit jadi tampak lebih cerah, serta membantu melindungi skin barrier, melembabkan dan meregenerasi sel kulit baru agar kulit jadi lebih sehat.

Dikemas dalam tube putih cantik dengan plastic wrap. Tube-nya pas di genggaman tangan. 

Ingredients
Aqua, AHA, Paraffinum liquidum, Cetearyl Alcohol, Propylene Glycol, Glycerin, Triethanolamine, Phenoxyethanol, Ceteth-10 phosphate, Dicetyl phosphate, Centella asicatica extract, Ceteareth-20, BHT, Disodium EDTA, Fragrance, Niacinamide, Tocopheryl Acetate, Xanthan gum, BHA, Dextrin, Amylopectin, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Collagen Extract, 1,2-hexanediol, Persea gratissima fruit extract, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Ceramide NP, Citric Acid, Potassium Sorbate. 

• AHA: mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Proses eksfoliasi ini membantu menghaluskan tekstur kulit dan mencerahkannya
• Ceramides: membantu memperbaiki dan memperkuat skin barrier, lapisan pelindung kulit terluar. Skin barrier yang sehat penting untuk menjaga kelembapan kulit serta mencegah iritasi
• Collagen: merangsang produksi kolagen, protein penting yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit
• Centella Asiatica: memiliki efek anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit iritasi dan kemerahan. Cica juga membantu menjaga kelembapan kulit



Formula
Meskipun lotion ini termasuk produk eksfoliasi, namun teksturnya mirip body lotion biasa, putih, aromanya lembut tidak mengganggu hidung sensitif saya. 

Cara pakai ala saya
Awalnya saya menggunakannya di lutut saja sesuai petunjuk yaitu hanya di malam hari. Kemudian saya coba mengaplikasikanya seperti body lotion. 




Performa

Gambar di atas adalah sebelum dan sesudah 14 hari pemakaian di lutut. 

Saat pertama kali pemakaian, saya langsung suka dengan teksturnya yang lembut, cepat meresap dan melembapkan, ringan seperti body lotion biasa. Meskipun kulit saya sensitif namun tidak ada reaksi negatif yang saya rasakan selama penggunaan Rintik No Bump Lotion

Dalam beberapa hari pemakaian saja sudah terlihat progress-nya dan benar-benar works di lutut saya. 

Selain chicken skin, produk ini juga bisa jadi solusi untuk masalah skin barrier tubuh yang lain seperti: 
  • Back acne
  • Kulit kasar
  • Bruntusan
  • dan masalah skin barrier lainnya


Final result

Bahagia banget bisa menemukan Rintik No Bump Lotion sebagai solusi untuk chicken skin. Produk ini bukan hanya kemasannya saja yang bagus dan formulanya yang enakeun namun juga performanya yang memang sesuai klaimnya yaitu menjadi solusi untuk chicken skin. Menurut saya produk ini sangat worth to buy. Dengan harga 80 ribuan saja, kita bisa merawat kesehatan skin barrier tubuh sehingga terhindar dari berbagai masalah kulit yang tidak enak dipandang. 

Oleh karena itulah produk ini sangat layak diberi nilai 4,8 dari 5!


Nah, kalau teman-teman mengalami chicken skin, kulit kasar, jerawat punggung atau back acne dan bruntusan di badan, Rintik No Bump Lotion adalah produk yang sangat recommendedButuh produk ini? Teman-teman bisa mendapatkan produk ini di sini.




Next Post Previous Post
21 Comments
  • Fanny_dcatqueen
    Fanny_dcatqueen March 20, 2024 at 6:04 AM

    Memang mengganggu chicken skin ini ya mba. Apalagi kalo sampe kliatan banget. Bikin ga PD. Aku sendiri blm pernah ngalamin. Mungkin krn aku terbiasa pakai body cream sejak sekolah, jadi kulit terjaga lembab nya.

    Krn memang chicken skin ini biasa terjadi di kulit kering. Makanya aku slalu bilang ke anakku, pakai body cream itu wajib. Sentiasa oles saat abis mandi atau ketika kulit kering. Jgn sampe nanti parah dan jadi chicken skin

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com March 20, 2024 at 9:00 AM

      Betul kak, wlp di area tertutup tetap aja gak nyaman

  • Iqbal RA
    Iqbal RA March 25, 2024 at 12:16 AM

    Saya sering banget kena nih sama masalah kulit ini. Seringnya di siku gitu. Untuk gak keliatan banget, tapi lumayan ganggu.

    • Kontraktor Hijau
      Kontraktor Hijau March 25, 2024 at 9:31 PM

      Saya sebelumnya tidak tahu apa itu chicken skin dan apa dampaknya bagi kepercayaan diri saya. Namun, setelah membaca artikel ini, saya jadi tahu termasuk cara-cara menghindarinya. Terima kasih banyak untuk artikelnya, kak!

  • Mas Arief
    Mas Arief March 25, 2024 at 8:46 PM

    Boleh ni di coba, kulit istri suka mengalami masalah kulit ini. Oya btw bisa buat laki juga ga ya ??

  • sarrahgita
    sarrahgita March 26, 2024 at 9:12 PM

    Saya baru ngeh dengan istilah chicken skin ini. jadi chicken skin itu lebih ke permukaan kulit yang kering karena kurang terawat ya kak. Untung ada produk Rintik no bump lotion ini, jadi masalah chicken skin bisa segera teratasi dan kulit pun jadi halus dan kembali terawat.

  • Denidoflamingo
    Denidoflamingo March 27, 2024 at 8:22 PM

    Rintik No Bump Lotion sepertinya menjadi produk yang menarik untuk dijelajahi bagi mereka yang memiliki masalah dengan kulit. Artikel ini memberikan wawasan yang berguna.

  • Naufal Al Rafsanjani
    Naufal Al Rafsanjani March 27, 2024 at 8:33 PM

    Ternyata ada istilahnya ya untuk masalah kulit seperti itu. Produk yang menarik. Cocok ini untuk jadi alternatif.

  • Helmy Satria
    Helmy Satria March 28, 2024 at 4:45 AM

    sebenernya ada beberapa chicken skin sih saya, tapi gak terlalu saya perhatikan. Mungkin bisa coba produk ini nih

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani March 28, 2024 at 6:44 PM

    Baru tahu istilah Chicken Skin ini Mba. Ternyata solusinya pakai Rintik No Bumps Solution biar kulit jadi lebih lembap dan nggak kering

  • Rafahlevi
    Rafahlevi March 28, 2024 at 7:14 PM

    Wahh chicken skin yaa
    Beruntungnya sampe hari ini aku ga punya c masalah chicken skin..
    Wawasan baru c karen ayang aku tau strechmark atau keriput..bisa disave dulu nih artikelnya sapa tau ada temen nanti perlu..

  • Putu Felisia
    Putu Felisia March 28, 2024 at 7:30 PM

    Enak ya zaman sekarang skincare sudah semakin canggih. Bahkan chicken skin saja sudah ada solusinya yaa.

  • Raja Lubis
    Raja Lubis March 28, 2024 at 7:59 PM

    Rintik No Bump Lotion bisa jadi solusi bagi yang mengalami chicken skin.

  • Ririn Wandes
    Ririn Wandes March 28, 2024 at 10:33 PM

    Baru tahu juga mengenai chicken skin ini deh, tentu saja maunya sih mulus ya. Beneran deh ini lotion yang memberi solusi banget buat yang udah punya chicken skin.

  • Inda Chakim
    Inda Chakim March 28, 2024 at 11:25 PM

    Akhirnya nemu solusi dari chicken skin yg ada di lutut sama siku aku. Makasih banyak infonya ya Kak.

  • rejekingalir.com
    rejekingalir.com March 29, 2024 at 1:07 AM

    Berarti si chicken skin atasiny pakai yg mengandung AHA ya, dan udha tersedia di sini. Siip nih bisa dicoba

  • Yayan Abdhi
    Yayan Abdhi March 29, 2024 at 4:06 AM

    Nah.. Aku baru ngeh kalo bintik-bintik di pangkal bulu badan itu disebut chiken skin. Ternyata ada obatnya yah.. Alhamdulillah nya ini biasanya terjadi pada kulit yg tertutup pakaian seperti di lutut atau paha. Terimakasih atas infonya, bisa bikin makin pede di depan pasangan nih kalo gak ada lagi chiken skin itu.

  • Mario Andaru
    Mario Andaru March 29, 2024 at 4:16 PM

    Saya baru tau kalau ada namanya chicken skin. Ternyata itu nama aslinya, saya kira tidak ada nama untuk masalah kulit seperti itu

  • Antung apriana
    Antung apriana March 29, 2024 at 5:22 PM

    Wah lucu ya nama Skincare nya rintik apakah terinspirasi dari hujan? Memang chicken skin ini lumayan bikin penampakan kulit kita jadi jelek yaa makanya sebaiknya diatasi pakai produk kayak gini

  • lendyagasshi
    lendyagasshi March 31, 2024 at 8:16 AM

    Aku pernah denger ada yang sampai operasi karena bulu di bawah kulit ini gak bisa tumbuh dan tertimbun, ini bahaya berarti yaaa.. Dan sejujurnya, aku baru tau kalo istilahnya Chicken Skin. Dan hamdalah karena sudah direkomendasikan Rintik No Bump Lotion sama kak Oryza. Mau ikutan cobaaa...

  • Enny Mamito
    Enny Mamito March 31, 2024 at 9:07 AM

    Aku baru tahu tentang istilah chicken skin ini. chicken skin tu lebih ke permukaan kulit yang kering karena kurang terawat gitu ya. Pasti mengganggu banget ini. Eh untung ada produk Rintik no bump lotion ya, bisa bikin lebih sehat terawat. Mau coba jugaa


Add Comment
comment url