Sudah Tahu Apa Itu E-Meterai? Begini Cara Beli dan Penggunaannya, Cepat Banget!

Memasuki bulan September 2023, pendaftaran CPNS & PPPK 2023 akan dibuka melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/. Selain mempersiapkan diri untuk mengikuti ujiannya, peserta juga harus menyiapkan berbagai dokumen pendukung sebagai prasyarat untuk mengikuti proses seleksi.
Nah, sebagian dari dokumen ini wajib dibubuhkan meterai elektronik atau e-meterai.
Apa itu e-Meterai? Apa fungsi e-Meterai? Bagaimana cara membeli e-Meterai? Apa saja manfaatnya? Dan yang paling penting, bagaimana membubuhkan e-meterai untuk dokumen-dokumen yang dibutuhkan di proses SSCASN? 

Apa itu e-Meterai? 

E-Meterai adalah salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang digunakan untuk dokumen elektronik. E-Meterai juga memiliki unsur pengaman dan dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah Republik Indonesia lewat Perum Peruri. Selain diperlukan untuk menjadikan suatu dokumen elektronik dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan, e-Meterai juga merupakan cara membayar pajak atas dokumen elektronik (bea meterai).
Meterai elektronik resmi merupakan alat bukti hukum dan penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan di dokumen elektronik.

Melalui aplikasi e-Meterai yang disediakan oleh Peruri kita bisa beli e-meterai dan mencetaknya. Aplikasi ini juga menyediakan tanda tangan digital untuk dokumen elektronik.

Sebagai informasi tambahan, meterai adalah label atau carik dalam bentuk tempel dan bentuk lainnya yang memiliki ciri dan mengandung unsur pengaman. Penggunaannya dilakukan dengan cara ditempel di dokumen dan menjadi penentu sah atau tidaknya dokumen. Sedangkan meterai elektronik dibubuhkan pada dokumen melalui sistem tertentu.

Apa ciri-ciri e-Meterai?

E-Meterai adalah meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman sebagai berikut:
  • Format Elektronik: e-Meterai merupakan meterai yang berbentuk elektronik, tidak seperti meterai fisik yang berbentuk kertas atau tempel.


  • Unsur Pengaman: e-Meterai mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Unsur pengaman ini bertujuan untuk mencegah pemalsuan meterai.


  • Dimensi dan Warna: e-Meterai memiliki dimensi berbentuk persegi dan dominan warna merah muda.


  • Penggunaan untuk Pembayaran Pajak: e-Meterai digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik tertentu.


Bagaimana Cara Membeli e-Meterai? 

Pembelian meterai elektronik bisa dilakukan lewat situs resmi e-meterai.co.id, melalui kantor cabang bank BUMN dan bank Swasta, atau melalui mitra-mitra resminya seperti Skill Academy.
Berikut adalah cara beli e-meterai dari Skill Academy:

1. Buka laman e-Meterai Skill Academy atau klik bit.ly/materaicasn.
2. Pilih “Beli e-Meterai”.
3. Masuk ke akun Skill Academy Anda, jika belum punya, daftar terlebih dahulu.
4. Upload dokumen yang memerlukan meterai atau gunakan template yang tersedia.
5. Pilih posisi pembubuhan e-Meterai.
6. Isi PIN akun e-Meterai Anda.
7. Lakukan pembubuhan e-Meterai.
8. Download dokumen yang sudah dibubuhi e-Meterai.

Skill Academy adalah distributor resmi e-Meterai yang diakui dan dipercaya oleh Peruri. Setelah melakukan pembayaran, kuota e-Meterai Anda akan bertambah dan Anda dapat langsung melakukan pembubuhan e-Meterai pada dokumen yang memerlukannya.

Bagaimana Penggunaan Meterai Elektronik dalam Proses SSCASN? 

Dalam proses SSCASN (Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara), penggunaan e-meterai telah diterapkan untuk dokumen pendaftaran. Tujuannya adalah untuk menghindari pemakaian meterai palsu dan memastikan keabsahan dokumen pendaftaran.

Berikut adalah langkah-langkah pembubuhan e-meterai ke dalam dokumen untuk proses SSCASN:

1. Unggah dokumen dalam format PDF.
2. Posisikan meterai elektronik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
3. Klik ‘Bubuhkan Meterai’, kemudian ‘Yes’.
4. Masukkan PIN.
5. Isi PIN yang sesuai.
6. Dokumen pendaftaran telah berhasil dibubuhi e-meterai.


Undang-undang Bea Meterai dan e-Meterai 

Pada tanggal 26 Oktober tahun 2020, Presiden Joko Widodo menetapkan Undang-undang No 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai.

Undang-undang ini mengatur tentang pengenaan dan pembayaran Bea Meterai di Indonesia. Bea Meterai adalah pajak yang dikenakan pada dokumen-dokumen tertentu, seperti surat-surat perjanjian, akta, dan dokumen-dokumen lainnya. Undang-undang ini juga mengatur mengenai tata cara pembayaran Bea Meterai dengan tarif tertentu dan ketentuan pidana terkait pelanggaran terhadap Undang-undang ini.

Pada tahun 2021, Kementerian Keuangan secara resmi meluncurkan meterai elektronik. Tarif bea meterai elektronik ini ditetapkan dengan nominal sebesar Rp 10000 dan sudah berlaku mulai 1 Januari 2021. Berikut adalah rincian lengkap dokumen elektronik (dalam bentuk PDF atau format lainnya) yang terkena bea meterai sepuluh ribu rupiah:

  • Dokumen yang dijadikan alat untuk menerangkan kejadian (bersifat perdata)

  • Dokumen yang digunakan sebagai alat bukti di muka pengadilan

  • Dokumen transaksi surat berharga seperti kontrak berjangka atau surat berharga dengan nama dan bentuk apapun


Apa Saja Keuntungan Membeli e-Meterai dari Skill Academy? 

Berikut adalah beberapa alasan kenapa beli e-Meterai dari Skill Academy lebih menguntungkan.
1. Menyediakan 500+ pilihan template dokumen resmi
2. Banyak e-Meterai untuk satu dokumen
Kemudahan untuk membubuhkan beberapa meterai elektronik sekaligus pada satu dokumen yang sama.
3. Distributor resmi terpercaya
Skill Academy adalah distributor resmi e-Meterai yang diakui dan dipercaya oleh Peruri Digital Security, memberikan jaminan keaslian dalam setiap dokumen Anda.
Selain itu, pembelian e-meterai di Skill Academy tidak mengharuskan kamu untuk meng-upload KTP sehingga prosesnya menjadi lebih tidak ribet dibandingkan dengan pembelian di situs e-meterai.
Dengan proses yang cepat dan mudah, tentu akan membuat kamu menghemat waktu dalam proses pembubuhannya ke dalam dokumen. Klik gambar di bawah ini untuk pembelian e-meterai.
Temukan lebih dari 500 pilihan template dokumen resmi, yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pribadi kamu.


Next Post Previous Post
34 Comments
  • erykaditya
    erykaditya September 10, 2023 at 12:29 AM

    Baru tai ternyata sekarang ada e-materai loooo 🙂

    Pake e-materai pasti makin mempermudah urusan per dokumen -an ini yaa nanti..pembelian sama pengginaanya juga gampang banget gak ribet 😉

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 11, 2023 at 10:06 PM

      Heheh baru tahu ya kak?

  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi September 11, 2023 at 2:14 PM

    Makasih infonya

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 11, 2023 at 10:06 PM

      Semoga bermanfaat!

  • Sarah Jalan
    Sarah Jalan September 12, 2023 at 12:47 AM

    Langsung melongo, karna baru dari artikel ini jadi tau, bahwa ada materai elektronik juga. mantaplah, makin dimudahkan aja kebutuhan jaman sekarang, tak bisa pake yang fisik, yang elektronikpun ada, heheh

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 12, 2023 at 9:44 PM

      Hehe, sudah lumayan lama sih

  • Garis Senja Dinda
    Garis Senja Dinda September 12, 2023 at 3:22 PM

    Lho .... beli materai bisa di skill academy? Keren ih ... tahunya dulu skill academy itu buat pelatihan² gitu. ❤️

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 12, 2023 at 9:45 PM

      Iya kak, keren

  • Yayan Abdhi
    Yayan Abdhi September 13, 2023 at 12:56 AM

    Bener2 baru tahu sekarang bahwa materai pun sekarang udah ada yang online. Makin canggih dunia..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 13, 2023 at 6:21 PM

      Wah ternyata banyak ya yang belum tahu

  • Yanti Alif
    Yanti Alif September 13, 2023 at 6:51 AM

    Baru tahu nih tentang E materai keren bngt sih menurut aku sangat mempermudah transaksi di jaman era digital saat ini

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 13, 2023 at 6:20 PM

      Betul sekali

  • Rizalfikry
    Rizalfikry September 13, 2023 at 9:37 PM

    Sama kyak yang lain, baru tahu ada materai elektronik. Info baru yang harus diketahui banyak orang nih. Apalagi buat teman-teman yang mau CPNS.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:42 AM

      Wah, semoga bermanfaat kak

  • Windi astuti
    Windi astuti September 14, 2023 at 2:29 PM

    ternyata e-matterai sudah lama hadir ya, saya malah baru tahu ditahun 2023 ini. tepatnya setelah baca ini. Bisa banget ya, melipir ke skill academy buat beli e-materai

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:43 AM

      Siip

  • Okti Li
    Okti Li September 14, 2023 at 5:56 PM

    Unik ya e materai ini. Jujur saya malah baru tahu. Asli senang banget dapat informasinya disini. Jadi kan saya gak kudet lagi nih

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:43 AM

      Iya kak, boleh deh coba beli

  • Naufal Al Rafsanjani
    Naufal Al Rafsanjani September 14, 2023 at 6:24 PM

    Komentar saya mungkin mirip dengan lainnya, yakni baru tau. Kalau tau begitu beberapa minggu lalu bikin surat perjanjian lebih efisien menggunakan e-materai ini yaa. Karena gak perlu banyak bertemu, tapi dokumen tetap memiliki kekuatan hukum.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:44 AM

      Owalah... siapkan utk next time kak

  • Yanie hobi
    Yanie hobi September 14, 2023 at 8:48 PM

    Sama seperti teman-teman lainnya nih, saya juga baru tau loh ada materai elektronik. Lebih bagus menurut saya sih ini biar gak ribet nempel dan tanda tangannya. Terus sekarang beli materai fisik juga rada susah, kawatir ada jual yang palsu deh

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:45 AM

      Nah, betul sekali

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu September 15, 2023 at 5:20 AM

    walaupun bentuknya eletronik tapi keren ini sudah ada pengamannya,
    jadinya bikin simple serta sangat oke dan diakui buat bertransaksi

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:45 AM

      true

  • Eka FL
    Eka FL September 15, 2023 at 9:23 AM

    dengan adanya e meterai, urusan dokumentasi online lebih praktis ya. berbeda dengan meterai konvensional yang lumayan agak repot nyari meterai apalagi kalau lagi kosong di fotocopian atau kator pos.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:45 AM

      Iya kak, bener nih

  • lendyagasshi
    lendyagasshi September 15, 2023 at 8:59 PM

    Uda enakeun banget zaman digital semuanya serba digital juga.
    Gak kebayang ada e-Meterai yang mendukung kelengkapan dokumen digital sehingga lebih valid dan kuat di hadapan hukum.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:46 AM

      🤩🤩

  • Lasmicika
    Lasmicika September 15, 2023 at 9:12 PM

    Eh keren. Baru tau ada e-meterai. Hampir nggak pernah berurusan dengan keperluan bermeterai, jadi ketinggalan info.
    Emang harus mengikuti zaman ya apapun itu sekarang.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:46 AM

      Semiga bermanfaat!

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid September 17, 2023 at 8:54 AM

    ternyata ada yaa e materai. jujur saya baru tahu setelah baca artikel ini. keren nihh bisa bertransformasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman

  • Puspita Wulandari
    Puspita Wulandari September 17, 2023 at 10:29 AM

    Wah baru tau cara pakai e-materai ternyata pakai kode pin ya, smga jadi lebih praktis y

  • Andina
    Andina October 10, 2023 at 12:46 AM

    Baru tahu ada e-materai. Tapi di era digital seperti ini bagus juga sudah ada. Karena keluar rumah beli materai di toko maupun tempat fotokopi juga rasanya old school juga ya

  • MUHAMMAD FAUZI
    MUHAMMAD FAUZI October 11, 2023 at 9:29 AM

    Hingga saat ini saya belum pernah menggunakan e-materai sama sekali

Add Comment
comment url