6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Serah Terima Kunci Rumah KPR Subsidi

Selamat pada teman-teman yang sudah memiliki rumah. Untuk teman-teman yang baru saja mendatangani perjanjian kredit di bank akan dilanjutkan dengan serah terima kunci. Nah, berikut adalah 6 hal yang harus dilakukan setelah serah terima kunci rumah KPR subsidi



Rumah subsidi itu biasanya dijual dengan harga yang ditentukan pemerintah, bunganya rendah dan cicipannya terjangkau. Namun demikian, kualitas bangunannya pun sesuai biasanya "alakadarnya". Oleh karena itu, pemilik harus melakukan 6 hal berikut ini setelah serah terima kunci. 


1. Cek kondisi rumah

Biasanya dari developer ada garansi 3 bulan setelah serah terima kunci. Perhatikanlah kondisi fisik rumah, mulai dari tampilan luarnya seperti cat, tembok, kusen-kusen, atap dan lain-lain, dilanjutkan dengan bagian dalam. 

Misalnya ada lantai yang tidak rata, bisa dilaporkan ke developer agar segera diperbaiki. 


2. Bersihkan rumah 

Meskipun setelah serah terima kunci rumah tampak bersih, namun biasanya developer pun membersihkannya hanya sekedarnya saja. Bersihkan lagi rumah dan sekitarnya, bisa jadi rumput di halaman depan dan belakang sudah tumbuh lagi. 



3. Memperbaiki septic tank

Posisi berikutnya yang harus dicek adalah septic tank. Terkadang developer menyediakan septic tank yang sempit dan dangkal sehingga bila digunakan sekeluarga akan cepat penuh. 

Oleh karena itulah sebaiknya pemilik rumah segera memperbaiki septic tank sesuai kebetuhan, mumpung belum ada isinya karena ada sebagian tukang yang ogah melakukannya bisa sudah terisi. 


4. Cek kelistrikan

Cobalah seluruh kelistrikan, kabel, colokan, saklar dan sebagainya. Bila ada yang tidak berfungsi bisa dilaporkan ke developer selama masih dalam masa garansi. 

Bila ada dana, boleh juga langsung mengganti peralatan listrik dengan yang lebih baik. 


5. Menyiapkan sumber air dan perpipaan

Air merupakan salah satu kebutuhan dasar di dalam rumah. Di beberapa perumahan memang ada yang menyiapkan sumber air mandiri berupa artesis yang dialirkan ke tiap rumah atau dari PDAM setempat, namun tidak kurang ada developer yang menjual rumah dengan pompa air manual namun sumur yang tersedia tidak menghasilkan air. 

Untuk kondisi seperti ini, sebaiknya pemilik rumah segera membuat sumur bor dan menyiapkan perpipaannya ke dalam rumah. 

6. Meminta copy sertifikat berlegalisir

Pembuatan sertifikat biasanya memakan waktu 3-4 bulan setelah setelah serah terima kunci. Di beberapa tempat ada developer nakal yang tidak mengurus sertifikat sehingga saat pemilik rumah sudah melunasi cicilannya ke bank, sertifikat tidak ada dan developer pub sudah kabur. Ribet untuk mengurusnya. 

Untuk memastikan adanya sertifikat rumah, 3-4 bulan setelah serah terima kunci, segera hubungi bank, mintalah copy sertifikat yang sudah dilegalisir. 



Demikianlah 6 hal yang harus dilakukan setelah serah terima kunci rumah KPR subsidi. Apakah teman-teman sudah melakukannya? Atau ada yang ingin menambahkan? 
Next Post Previous Post
16 Comments
  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi August 28, 2023 at 5:33 PM

    Makasih sharingnya

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 29, 2023 at 6:01 PM

      Semoga bermanfaat kak

  • Tomy Tegar
    Tomy Tegar August 28, 2023 at 7:10 PM

    bahkan menurut sya sebelum menentukan lokasi rumah pun, kkta harus melakukan beberapa survey eksternal seperti akses menuju rumah, kondisi kebisingan sekitar, arah matahari terbit dan terbenam, hingga kondisi kelembapan rumah..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 29, 2023 at 6:00 PM

      Yes, betul sekali

  • sarrahgita
    sarrahgita August 29, 2023 at 1:30 AM

    Makasih banyak tuk infonya mba Pipit, infonya bermanfaat sekali, ternyata banyak hal2 yang kadang suka luput dari perhatian kita ya. khsususnya dalam hal kepemilikan rumah baru.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 29, 2023 at 5:59 PM

      Iya kk, sama2

  • EBI
    EBI August 29, 2023 at 7:54 PM

    Makasih ka, kebetulan saya ambil kpr. Makasih infonya sangat bermanfaat.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 30, 2023 at 3:17 AM

      Alhamdulillah kalau bermanfaat

  • Antung apriana
    Antung apriana August 30, 2023 at 12:02 AM

    duh saya waktu serah terima kunci rumah 6 tahun yang lalu nggak ngelakuin hal ini nih. bahkan sertifikat juga masih belum nanya ke bank apakah bisa minta fotocopynya. jadi pengen cek sertifikat rumah jadinya

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 30, 2023 at 3:17 AM

      Siip. Silakan kk

  • Garis Senja Dinda
    Garis Senja Dinda August 30, 2023 at 2:32 AM

    Sebenarnya nggak cuma rumah bersubsidi mbak Pit, rumahku yang enggak subsidi pun saptic tanknya pendek, jadi kudu buat dua saptic tank. Karena kalau merubah saptic tank yang lama makan biaya, lebih mahal dan lebih lama daripada bikin baru. Paling pas (for me) pas membangun ikutan nongkrong sama pak tukangnya. Hehe.. tapi beda kasus kalau itu rumah ready stock. 😅

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 30, 2023 at 3:18 AM

      Wah idenya keren tuh 👍👍🤭

  • Yanti Alif
    Yanti Alif August 30, 2023 at 3:19 AM

    Kalau aku abis serah terima kunci langsung prepare buat renov karena pasti yg namanya rumah baru banyak hal yang harus disiapkan supaya rumah bsa ditempati

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 30, 2023 at 6:49 PM

      👍👍

  • Ainun
    Ainun August 30, 2023 at 9:06 AM

    sebelum memutuskan membeli perumahan yang mana, aku bener bener survey dan waktunya berbulan-bulan. Aku perhatikan juga detailnya, begitu juga saat masuk masa garansi, aku cek tiap bebebrapa minggu sekali dan di akhir masa garansi baru aku ajukan komplain jika ada yang kurang puas.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 30, 2023 at 6:49 PM

      Wuih keren kk, memang sebaiknya sedetail itu

Add Comment
comment url