Pentingnya Skincare Untuk Pekerja Dapur

Di balik kuliner yang serba lezat ada perjuangan pekerja dapur yang memeras tenaga, fokus, dan pikiran untuk menghasilkan masakan berkualitas. Sehari-hari mereka bekerja di dapur dalam waktu lama yang karenanya berpotensi merusak kulit. Karena itu bagi pekerja dapur skincare penting.

Pekerja dapur bekerja dalam berbagai kondisi. Tempat kerja yang lembab, panas, sering terkena air atau deterjen, menggunakan sarung tangan dalam waktu lama, dan lainnya. Semua itu membuat kulit rentan terkena masalah.



Masalah kulit yang bisa dialami pekerja dapur misalnya luka (tersayat pisau contohnya), memar, luka bakar (terkena api, terpercik minyak panas), lepuh (terpercik air panas). Bisa juga terkena dermatitis kontak, yaitu radang yang menyebabkan kulit gatal kemerahan, karena kontak langsung dengan zat tertentu. Atau terkena alergi dan eksim (dermatitis atopik).

Ruam panas yang menyebabkan kulit bengkak, melepuh, kemerahan atau kalau parah bisa mengelupas epidermis (lapisan kulit paling luar) atau dermis (lapisan kulit di bawah epidermis). Sering terjadi pada pekerja dapur yang bersentuhan dengan panas misalnya sering memakai oven, menggoreng, memanggang, dan sebagainya.

Karena itu diperlukan perawatan kulit, dan sebaiknya memilih produk yang mudah dan cepat digunakan agar praktis.


Wipeout dan Gel Jerawat

Masker wipeout untuk wajah bagus digunakan setelah bekerja seharian. Tersedia dalam berbagai aroma yang bisa menenangkan, sekaligus membersihkan dan melembutkan kulit.

Bekerja di dapur yang panas dan lembab berpotensi menimbulkan jerawat pada wajah, bahkan pada mereka yang sebelumnya tidak pernah berjerawat. Karena di dapur banyak minyak dan lemak, apalagi jika saat bekerja sering menyentuh wajah. Karena itu gunakan gel perawatan jerawat atau yang sejenisnya.

Perawatan Mata

Untuk merawat mata pekerja dapur bisa menggunakan eye serum dan eye cream. Fungsinya untuk mencerahkan dan meremajakan kulit di sekitar mata. Meletakkan irisan timun di mata yang terpejam juga bisa membuat mata segar dan rileks.

Baca juga: COXIR Black Snail All in One Eye Cream and Collagen Cream in 2 Weeks of Usage

Hand Cream

Hand cream membantu kulit tetap lembut meski sering terpapar panas atau hal lain yang mengganggu kulit. Hand cream yang ringan dengan kandungan air lebih banyak mungkin lebih dipilih oleh pekerja dapur. Sedangkan hand cream kental bisa membuat tidak nyaman saat bekerja di dapur.

Sunscreen

Buat apa kerja di dapur memakai sunscreen? Pertama kalau dapurnya outdoor yang membuat pekerja dapur terpapar sinar matahari maka sudah tentu penggunaan sunscreen diperlukan.

Bahkan kalau kerjanya indoor pun sunscreen tetap diperlukan. Kompor gas yang biasa digunakan di restoran atau usaha makanan melepaskan cahaya juga panas yang tinggi. Gunakan sunscreen untuk melindungi kulit agar tidak kusam dan kering menggunakan sunscreen SPF 30.

Pelembab

Gunakan pelembab yang bahannya kaya antioksidan dan nutrisi. Pelembab alami seperti minyak kelapa juga bisa digunakan. Mengingat bekerja di dapur cukup rawan mengalami luka kecil, pelembab juga bisa membantu menyembuhkan bekas luka (bukan lukanya).

Untuk perawatan tubuh bisa menggunakan ointment atau lotion. Keduanya sama-sama pelembab, bedanya ointment terbuat dari 80% minyak dan 20% air sehingga selain melembabkan juga mengunci kelembaban pada kulit. Namun kalau ingin kulit lembab tapi tidak nyaman dengan minyaknya maka bisa memakai lotion.

Baca juga: Skintific MSH Niacinamide Brightening Moisture Gel: Performanya Ternyata Above My Expectation!

Apakah teman-teman punya skincare tertentu? Yuk share di kolom komentar. 

Nah, kini kita yang berada di belakang lezatnya kuliner tidak perlu lagi khawatir akan kesehatan kulit. 

Next Post Previous Post
10 Comments
  • Purwanto
    Purwanto August 27, 2023 at 10:19 PM

    Saya dulu lumayan aktif di dapur. Skincare andalan cuma lulur, body lotion, sama irisan timun buat mata.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 29, 2023 at 5:58 PM

      Sunscreen juga ya kak 👍👍

  • Putu Felisia
    Putu Felisia August 29, 2023 at 6:23 AM

    Info yang menarik nih, memang pekerja dapur pasti punya kulit yang terpapar panas dan luka-luka kecelakaan dapur. Ternyata tetap butuh sunscreen juga ya.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 29, 2023 at 5:58 PM

      Nah, betul kk

  • PWWidayati
    PWWidayati August 29, 2023 at 8:14 AM

    bener banget sih mbak kerja di dapur banyak resikonya, apalagi kalau sudah kecipratan minyak panas, suka sebel lihat bekasnya yang nggak ilang-ilang

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 29, 2023 at 5:59 PM

      Betul sekali

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen August 30, 2023 at 5:30 AM

    Beneeer. Mentang2 kerja di dapur, bukan berarti ga perlu pakai skincare ya mba. Justru sama pentingnya. Trutama sunscreen, karena panas kompor itu sama aja bikin kulit cepet aging dan dark spots.

    Hand cream juga perlu. Apalagi yg tangannya berkali2 cuci tangan dan pakai detergent.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 30, 2023 at 6:50 PM

      Nah, itu dia!

  • Asty Intan Pratiwi Widyanti
    Asty Intan Pratiwi Widyanti August 30, 2023 at 9:59 PM

    Semenjak tau kalau panas kompor itu berpengaruh juga dan butuh sunscreen, aku bangun tidur pakai sunscreen dulu sebelum masak sekarang hehehe. Tapi kadang suka lupa kalau buru-buru atau kesiangan, apalagi buat bekal dibawa anak ke sekolah

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 31, 2023 at 3:30 AM

      Waduh

Add Comment
comment url