6 Tips Membeli Mobil Pertama Agar Tidak Berakhir Rugi

Mobil memang memberikan beberapa keuntungan jika dibanding dengan motor, seperti lebih nyaman saat hujan atau panas dan lebih praktis untuk bepergian bersama terutama dengan anak-anak. Meski dibutuhkan, tapi membeli mobil tidak boleh asal-asalan termasuk dalam hal budget.

Terutama untuk Anda yang akan membeli mobil untuk pertama kali, coba simak sederet tips di bawah ini agar terhindar dari kesalahan membeli atau memilih mobil dan nantinya justru berakhir dengan merugi.


Tips Beli Mobil untuk Pemula

  1. Pikir Ulang

Coba tanyakan lagi ke diri sendiri apakah mobil memang dibutuhkan atau ingin dibeli hanya untuk menuruti gengsi? Faktanya, tidak sedikit orang membeli mobil hanya agar terlihat keren di mata orang lain lho. Jika memang ada dana lebih dan tidak terpakai, maka tidak masalah untuk diahlikan ke pembelian mobil. 

Tapi jika pemasukan bulanan masih pas-pasan dan untuk kebutuhan pokok cenderung belum bisa terpenuhi, sebaiknya pikirkan ulang keinginan untuk membawa pulang mobil baru guna menghindari masalah keuangan di kemudian hari ya.

  1. Tentukan Budget

Jika mobil memang dibutuhkan dan sudah menabung untuk membelinya misal, maka pilihlah mobil yang paling sesuai dengan anggaran dan bukan justru fokus pada merk atau jenis tertentu yang harganya lebih dari dana yang sudah disiapkan, termasuk

Hal ini akan mencegah Anda untuk membeli mobil baru secara kredit sehingga nantinya tidak perlu memiliki tanggungan setiap bulan.

Baca juga: NOOLAB First Step Exfoliating Gel

  1. Buat Simulasi Kredit

Jika kebutuhan akan mobil sudah sangat mendesak tapi dana yang ada belum cukup untuk membeli mobil secara kontan, maka bisa juga memilih opsi cicilan atau kredit tapi pastikan untuk melakukan simulasi kredit terlebih dahulu ya, termasuk DP mobil

Hal ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang berapa banyak jumlah cicilan mobil per bulan dengan uang muka yang telah dibayar sehingga Anda bisa mempertimbangkan apakah cicilan tersebut sanggup dipenuhi atau justru memberatkan karena lebih besar dari pemasukan misalnya.

  1. Pilih Mobil Secara Bijak

Hindari memilih mobil hanya dengan pertimbangkan terlihat keren tapi kurang fungsional. Jadi misalnya membeli mobil merk A yang sedang hits dan harganya mahal agar dipandang wow oleh orang-orang sekitar tapi sebenarnya model mobil tidak atau kurang sesuai dengan kebutuhan. 

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak salah memilih mobil adalah jumlah orang yang akan ikut berkendara, seberapa sering mobil digunakan, kemana tujuan paling sering, jumlah anggota keluarga, fitur yang dibutuhkan, dan kondisi jalan yang paling sering dilalui misal jalan beraspal atau perbukitan.

  1. Perhatikan Lokasi Bengkel Resmi

Mobil baru perlu dirawat secara berkala agar kondisinya tetap prima, dan sebaiknya lakukan servis hanya di bengkel resmi agar mendapat penanganan terbaik dari teknisi ahli. 

Penting untuk memperhatikan lokasi bengkel resmi dari merk mobil yang akan dibeli misalnya dekat dari rumah atau justru sangat jauh dan apakah bengkel tersebut tersebar di sejumlah kota atau sebaliknya. 

Jadi jika nantinya mobil mengalami masalah saat sedang di luar kota maka tidak perlu bingung harus membawanya kemana. Pastikan juga bahwa suku cadang dari mobil yang akan dibeli mudah untuk didapatkan di dalam negeri sehingga tidak harus memesan dari luar negeri.

  1. Beli dari Tempat Terpercaya

Tidak jauh beda dengan memilih bengkel resmi tadi, tempat membeli mobil juga penting diperhatikan karena tidak semua tempat pembelian bahkan untuk mobil baru bisa dipercaya. 

Beberapa tempat mungkin menawarkan harga sangat murah di bawah standar tapi pelayanannya buruk, proses pembelian rumit, atau justru mobil yang dijual bermasalah. Pilih SEVA yang merupakan platform pembelian mobil baru secara online yang dijamin terpercaya.

Dilengkapi dengan fitur Instant Approval, platform ini akan membantu konsumen dalam memilih mobil yang paling sesuai dengan kondisi finansial masing-masing.

Baca juga: Rekomendasi Web Hosting Termurah

Pastikan untuk membuat keputusan pembelian yang bijak dan dalam keadaan saat pikiran tenang serta pertimbangkan berbagai hal di atas agar terhindar dari membuat keputusan yang berakhir merugikan.


Next Post Previous Post
14 Comments
  • Erwin Noer
    Erwin Noer August 11, 2022 at 3:44 PM

    Masyaallah, tips yang sangat bermanfaat bagi sya. Kebetulan sya sedang berencana membeli mobil..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 12, 2022 at 6:55 AM

      Alhamdulillah...

  • Vera Utami
    Vera Utami August 12, 2022 at 4:34 PM

    Memperhitungkan budget adalah hal yang terpenting menurut saya biar kedepannya tidak terbebani kredit. Terima kasih sudah berbagi tipsnya, mba. Sangat bermanfaat sekali.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 13, 2022 at 12:12 AM

      Setuju!

  • Yulianto
    Yulianto August 14, 2022 at 7:31 PM

    Terima kasih kak... Tulisannya, meski belum bunya kemampuan dan kemauan beli mobil, tips ini akan tetap bermanfaat di kemudian hari.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 15, 2022 at 4:36 AM

      Siip

  • Agus Warteg
    Agus Warteg August 15, 2022 at 2:25 AM

    Aku juga pengin beli mobil, tapi setelah dipikir ulang sekarang nganggur tidak punya pekerjaan tetap akhirnya aku urungkan. Mendingan pakai motor sajalah, biarpun kalo hujan kehujanan tidak apa-apa.😁

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 15, 2022 at 4:36 AM

      Semoga disegerakan

  • Wenti Indrianita
    Wenti Indrianita September 2, 2022 at 12:17 AM

    Intinya sesuaikan budget dan tak perlu memaksakan diri. Apalagi cm buat keliatan keren tanpa memperhatikan fungsinya. Hehe

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 2, 2022 at 6:53 AM

      Nah

  • Ahmad Kholidin
    Ahmad Kholidin September 2, 2022 at 3:50 PM

    Memikirkan biaya perawatan juga menjadi hal yang harus diperhatikan saat memiliki niat untuk membeli mobil. Banyak orang yang bisa "nyicil" mobil tapi tidak kuat dengan biaya perawatannya.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 2, 2022 at 11:51 PM

      Betul

  • Author
    Author September 5, 2022 at 7:37 PM

    Membeli sesuatu memang sehatunya di pikir pikir mateng2 supaya tepat sasaran dan sesuai kebutuhan

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 5, 2022 at 8:53 PM

      Setuju!

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com