Cacingan? Konvermex aja

Dulu waktu saya kecil, imej "cacingan" hanya "perut buncit tapi tangan dan kaki kecil", ternyata gejala cacingan bukan hanya itu. Cacingan adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit cacing dalam usus manusia. Apakah penyebabnya? Gejalanya bagaimana? Dan bagaimana pengobatannya? Upaya pencegahannya? 




Penyebab Cacingan
Cacing masuk ke dalam tubuh melalui kulit dan atau makanan yang kotor terkena telur cacing. Kemudian telur cacing menetas dan menjadi cacing dewasa dalam usus dengan mengambil sari makanan yang ada dalam usus. Kebersihan yang tidak terjaga atau lingkungan yang kotor masih menjadi salah satu faktor utama penyebab cacingan, terutama di daerah dengan sanitasi yang buruk. 

Jenis cacing yang menginfeksi tubuh manusia antara lain:



Cacing gelang biasa hidup di lingkungan tidak bersih dan beriklim hangat. Cacing tambang biasanya berada di tempat yang terkontaminasi feses berisi telur cacing. Cacing pita tidak dapat hidup bebas di alam dan membutuhkan inang untuk hidup, yakni di tubuh binatang atau tubuh manusia. Biasanya telur cacing pita memasuki tubuh manusia karena makan daging mentah atau setengah matang, atau akibat kontak antara manusia dengan feses binatang dan air yang sudah tercemar.


Cara Penularan
Cacingan bisa menular dari manusia ke manusia lho! Saat satu orang dalam rumah terinfeksi cacing, sekeluarga bisa tertular cacingan. Telur cacing dapat masuk melalui kuku dan tangan yang tidak bersih yang kemudian menyentuh mulut atau makanan. Selain itu, cacing juga bisa masuk lewat makanan yang tidak dibersihkan dengan baik sebelum dimasak serta penggunaan barang yang sudah terkontaminasi cacing (handuk, pakaian, atau sprei).


Gejala Cacingan
Beda penginfeksinya, beda yang diserangnya, bisa beda juga gejalanya. 
  • Organ tubuh yang biasa diserang oleh cacing gelang adalah paru-paru dan usus. Gejala yang akan muncul saat terjadi infeksi cacing gelang di paru-paru, yaitu: batuk, napas terasa sesak atau semakin pendek, mengi (napas berbunyi) dan gejala-gejala lainnya yang menyerupai pneumonia. Dan bila cacing ini menyerang usus, gejalanya antara lain: mual, muntah, diare, perut terasa tidak nyaman, penurunan berat badan, selera makan menurun, penyumbatan usus sehingga perut bisa terasa nyeri dan terjadi muntah parah
  • Awalnya, infeksi cacing pita tidak menimbulkan gejala apapun. Kemudian akan timbul sakit perut, muntah dan mual, lemas, diare, penurunan berat badan, perubahan selera makan, susah tidur, pusing, bahkan bisa kejang pada kasus yang parah dan pada beberapa kasus mengakibatkan kekurangan vitamin B12
  • Ketika larva cacing tambang menembus kulit, akan menyebabkan gatal dan ruam. Jika orang yang terinfeksi mengalami diare, itu tandanya cacing ini bertumbuh dalam usus. Gejala lainnya adalah: kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan, anemia, demam, perut nyeri, ada darah ketika buang air besar

Akibat Infeksi Cacingan
Ketika parasit cacing menginfeksi usus, berbagai masalah kesehatan pencernaan akan terjadi. Bahkan zat gizi yang seharusnya diserap oleh tubuh malah menjadi makanan cacing, akibatkan tubuh menjadi kekurangan nutrisi penting, kesehatan menurun dan pertumbuhan anak terhambat. 

Begitu pula bila cacing menyerang organ tubuh lain seperti paru-paru dan jantung. Berbagai masalah kesehatan dan bahkan kematian bisa mengintai. 

Oleh karena itulah kita harus bisa mencegah agar cacing tidak masuk ke dalam tubuh. 





Pengobatan
Lalu bagaimana kalau kita sudah terlanjur terinfeksi namun tidak tahu? Berhubung gejala infeksi cacingan ini mirip dengan gejala penyakit lain, kita tidak bisa langsung menentukan pasti infeksi ini. Oleh karena itulah kita harus "menghajar" parasit cacing ini dengan obat cacing. Konvermex bisa menghancurkan cacing di tubuh.

Dengan rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali, sekeluarga bisa terhindar dari infeksi cacing karena  Konvermex ini cacing keluarga, bisa digunakan sebagai obat cacing untuk anak dan obat cacing untuk orang dewasa, 




Upaya Pencegahan
Beberapa hal berikut ini bisa mencegah infeksi cacingan. 
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Selalu memakai alas kaki saat berada di luar rumah 
  • Mencuci tangan dengan sabun 
  • Potong kuku secara rutin
  • Pastikan bahan makanan yang akan dimasak sudah dibersihkan dengan baik
  • Memasak daging hingga matang 
  • Rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali

Semoga dengan melakukan hal-hal di atas, kita bisa terhindar dari infeksi cacingan. Ayo kita saling jaga! Jangan sampai ada anggota keluarga yang terkena infeksi cacingan. atau bahkan sampai menularkan ke orang lain di luar keluarga. 












Next Post Previous Post
32 Comments
  • chairina bawazir
    chairina bawazir October 19, 2021 at 2:33 AM

    Cacingan ini ngeri juga ya kalau nggak di basmi. aku minggu minggu lalu baru aja minum konvermex sekeluarga. anak-anak yang cair rasa jeruk aku minum yang tablet. biar pencernaan aman terkendali. hehe

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2021 at 5:44 AM

      Wah keren nih kk

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro October 19, 2021 at 6:06 AM

    waktu anak anak saya masih kecil, saya teratur beri mereka obat cacing

    karena takut gizi yang mereka makan eh malah dimakan cacing ^^

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2021 at 5:47 AM

      Seharusnya sudah besar pun tetap minum obat cacing

  • Gioveny Astaning Permana
    Gioveny Astaning Permana October 19, 2021 at 8:46 AM

    wah ini sih obat cacing andalan sejak aku masih kecil sampai sekarang punya anak kecil. Penyakit cacingan itu emang suka nggak ketauan ya, harus dicegah sebelum bikin efek lebih parah

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2021 at 5:48 AM

      Yeay! Toss dulu dong kk

  • Arai Amelya
    Arai Amelya October 19, 2021 at 3:22 PM

    Baru tahu sih soal Konvermex. Bakal dicoba deh

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2021 at 5:50 AM

      Siip kk

  • Han
    Han October 19, 2021 at 10:43 PM

    Ya ampun kirain cacingan ini penyakit yang udah punah hahaha

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2021 at 5:50 AM

      Tetap harus diwaspadai kak

    • Arai Amelya
      Arai Amelya October 21, 2021 at 2:20 PM

      Sama, aku juga mikirnya cacingan ini sudah enggak ada lho

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 21, 2021 at 8:55 PM

      Walah

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina October 20, 2021 at 6:23 PM

    wah jadi kita harus minum obat cacing ya minimal setahun sekali. kadang dari puskesmas jg ngasih sih mba

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 20, 2021 at 8:06 PM

      Nah itu juga bisa kak. Namun kalau dari pemerintah waktunya tertentu. Konvermex tersedia selalu di apotek

    • Triyatni A.
      Triyatni A. October 21, 2021 at 7:40 AM

      Eh ada juga ya yang free? Aku kira harus beli sendiri hehe. Jadi terkadang lupa belinya soalnya ajraknya jauh kan

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 21, 2021 at 2:14 PM

      Iya kak, biasanya ada di Puskesmas, Sekolah or Posyandu

  • Sri Untari
    Sri Untari October 21, 2021 at 3:22 AM

    anak sekolah dikasi obat cacing secara berkala dari puskesmas, tapi kalau orang dewasa ya harus beli nih. Nanti diinget2 beli konvermex deh

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 21, 2021 at 4:43 AM

      👍

  • ovie
    ovie October 21, 2021 at 5:03 AM

    Ini obat cacingnya samaan nih,
    Benar sih kita gak tahu yang masuk makanan atau telor cacing hihi
    Jadi perlu banget pencegahan.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 21, 2021 at 7:27 AM

      Nah

  • Najwa Zachrani
    Najwa Zachrani October 21, 2021 at 5:54 AM

    Minum obat cacing ini sangat penting memang supaya tidak jadi penyakit cacingan

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 21, 2021 at 7:27 AM

      Setuju!

  • Kyndaerim
    Kyndaerim October 21, 2021 at 6:18 AM

    Konvermex memang udah legend banget ya buat obat cacing keluarga

    • chairina bawazir
      chairina bawazir October 21, 2021 at 6:57 AM

      Setuju banget. Aku juga taunya obat cacing hanya konvermex loh hahaha dari dulu sukanya pake itu.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 21, 2021 at 7:28 AM

      Iya banget kak kiki

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 21, 2021 at 7:29 AM

      Wah tos dong kak Rina

  • Fitri | Matchadreamy.com
    Fitri | Matchadreamy.com October 21, 2021 at 3:47 PM

    Baca pas bagian cacing gelang bisa menyerang paru2 aku lgsg bergidik ngeri loh kak >.<
    Sbnry mencegah cacingan bukn hny bwt anak kecil doang, ya gak sih kak? Org dewasa jg kadang gak aware sm kebersihan.

    • Sendy Yunika
      Sendy Yunika October 21, 2021 at 6:59 PM

      sama, Mb. auto merinding. jadi aware kalau harus minum obat cacing terus meski udah dewasa ya..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 21, 2021 at 8:57 PM

      Betul sekali Kak Fitri, orang dewasa pun tetap harus minum obat cacing.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 21, 2021 at 8:57 PM

      Iya Kak Sendy, saya juga nulisnya sambil bergidik.

  • Hamimeha
    Hamimeha October 21, 2021 at 4:17 PM

    Wah inilah knoa pukesmas masih ngasih obat cacing secara reguler ya.

    Sebab emang menginfeksi paru2 dan usus. Dua organ yg bisa menyebabkan dampak fatal ya

    Duh, dilema banget nih kalo ingin stimulasi anak jalan di tanah g pakai sandal. Dilain sisi ini juga jalan terpapar cacingan..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com October 21, 2021 at 8:58 PM

      Betul sekali Kak

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com