Wisata Sebelum Pandemik: KAWAH PUTIH


Siapa yang kangen piknik? Cung! 

Dulu saat virus Corona meraja lela dan menjadi pandemik seperti sekarang, saya dan suami pernah berkunjung ke beberapa tempat. Nah, yang akan saya tulis sekarang adalah Kawah Putih. 

Kawah Putih terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung, sekitar setengah jam dari Soreang. Terletak kawasan gunung Patuha. Untuk mencapai ke sana, ada beberapa alternatif: 

  • Untuk pengguna mobil pribadi, bisa keluar tol Soroja di gerbang tol Soreang
  • Bisa juga naik bis jurusan Soreang dari terminal Leuwipanjang, Bandung. Lanjut dengan angkot jurusan Situ Patenggang
  • Bagi para pemotor bisa mengikuti jalur arah Soreang dari Pasir Koja, Bandung 


Di seberang pintu masuk Wisata Kawah Putih terdapat sebuah rumah makan besar, kalau perut lapar bisa diisi dulu di sini. 

Dulu tiket per orangnya Rp 25.000. Bagi pengunjung yang membawa motor atau yang tidak membawa kendaraan serta rombongan yang menggunakan bis, dari gerbang menuju Kawah Putih bisa naik mobil bak terbuka yang disediakan oleh pengelola. Mobil tersebut sudah diberi tempat duduk alakadarnya namun cukup nyaman untuk menikmati pemandangan sepanjang jalan ke atas. 

Sedangkan yang membawa mobil boleh langsung ke atas namun harus sangat hati-hati karena banyak belokan tajam dan sangat menanjak. Bila kiranya merasa kurang menguasai medan, lebih baik menumpangi mobil yang disediakan saja. 


Selama lima belas menit menembus hutan dan sesekali terlihat pemandangan kebun teh, kami pun sampai di puncak yang cukup datar dan luas untuk parkir. Kawahnya sendiri ada di bawah sebelah kanan. 

Aroma belerang sudah mulai tercium hawar-hawar. 

Baca juga: SIMPLIFIED BEAUTY CONCEPT ON MY SENSITIF SKIN

Kawah putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan gunung Patuha purba. Ada beberapa mitos menyeramkan yang kini terpatahkan sains. Di antaranya tentang kawah yang ditakuti karena ada "penunggu"-nya. 

Jaman dahulu kala, kawah ini dijauhi manusia dan binatang. Bahkan ada yang meninggal kalau manusia mendekatinya. Burung pun tak ada yang berani terbang ke atasnya, kalaupun ada bakal langsung jatuh dan mati. 

Ternyata eh ternyata... 

Itu karena racun belerang yang pekat menyelimuti udara sekitar kawah. 


Jalan menurun ke arah Kawah sudah bagus dan rapi. Sesungguhnya yang sebelah kiri untuk pengunjung ke arah kawah dan sebelah kanan untuk yang keluar. Tapi hiruk-pikuk manusia dari dua arah di dua jalan bersesakan, belum lagi mereka yang sengaja berhenti di tengah jalan untuk berfoto. 

Di sebelah kiri jalan turun terpampang luas hutan dengan tumbuhan khas gunung Patuha. Tumbuhan seperti ini hanya pernah saya  temukan di sini dan di puncak Tangkuban Perahu. 


Sampai di bawah, bau belerang makin menyengat merasuk ke paru, menyesakkan dada. Air kawah saat ini nampak kebiruan. Di waktu tertentu terlihat hijau. 


Karena banyak sekali pengunjung, saya mencari spot bagus untuk berfoto, di tebing sebelah kanan ada jalan setapak ke arah hutan. Namun urung melaju kakiku karena saat angin dari arah danau menerpa, aroma belerang semakin kuat dan napasku semakin berat. 

Menyerah. Saya tidak bisa berlama-lama di sana. Paling hanya sepuluh menit saja, balik badan ke lapangan parkir sambil menunggu mobil yang akan mengangkut kami turun. 






Next Post Previous Post
38 Comments
  • Intan Sudibjo
    Intan Sudibjo December 15, 2020 at 6:18 AM

    Ciwidey wisata yang sering teman teman juga beberapa keluarga saya ceritain tiap hari lebaran, tapi sampai sekarang belum pernah ke sana. rupanya harga tiketnya lumayan 25rb yah

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com December 15, 2020 at 6:05 PM

      Worth to visit banget Kak

  • Mayuf
    Mayuf December 16, 2020 at 7:22 AM

    Kangen banget hehe tapi apalah sedang ada seperti ini ya mau tidak mau harus di terima,
    Kawahnya indah banget ,pengin juga ke sana hehe moga pandemi cepet selesai :D

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com December 16, 2020 at 7:18 PM

      Aamiin...

  • Han
    Han January 5, 2021 at 1:02 AM

    Pernah denger soal kawah putih ini kak. Waah sekarang bisa jalan2 virtual lewat tulisan ini pula. Keren ihh pengen kesana

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:20 AM

      Recommended Kak

  • Lintang
    Lintang January 5, 2021 at 1:13 AM

    Ngacunggg paling tingggiii, pengen wisata lagi. duh jadi kangen pengen ke kawah putih lagi. Pandemi cepet berlalu dong!

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:29 AM

      Aamiin

  • Alya
    Alya January 5, 2021 at 2:00 AM

    Udah lama banget saya pergi kesana, dulu saya pernah ke kawah putih sekali pas SD




    (Alya)

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:29 AM

      Wah pasti seru ya

  • chairina bawazir
    chairina bawazir January 5, 2021 at 5:08 AM

    Aku dulu penasaran banget karena belum pernah kesini. Alhamdulillah sekarang udah kesana sebelum pandemi. Akses jalannya tapi bikin kapok jauh soalnya haha

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:52 PM

      Jauh plus macet memang bikin ogah

  • juliapasca
    juliapasca January 5, 2021 at 5:41 AM

    Aku..aku...kangen piknik mbak, huhuhu. Tapi memang masih nahan-nahan dulu soalnya daerahku sini merah kembali yang sebelumnya sudah hijau. Piknikku itu lihat gambar-gambar dari blogger gini mbak, baca tulisannya atau dari feed instagram yang menyajikan eloknya tempat wisata, itu sudah cukup mengobati rindu akan piknik

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:52 PM

      Alhamdulillah kalau tulisan saya bermanfaat

  • Iva C Wicha
    Iva C Wicha January 5, 2021 at 6:13 AM

    Huuaaa...jdi kangen ke bandung lagi, desember 2019 aju jga abis ke sini dan rame puoool

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:52 PM

      Kuy kuy

  • Asasunnajah
    Asasunnajah January 5, 2021 at 7:57 AM

    Ini kawah yang juga lokasi syuting film My Heart bukan ya mbak? kalau nampak dari photo indah juga kawahnya, tapi bahaya juga ya kalau berlama-lama disana.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:53 PM

      Kurang tahu juga sih. Tapi betul kalau dah gak kuat napasnya mending keluar

  • Kyndaerim
    Kyndaerim January 5, 2021 at 2:43 PM

    Wisata Kawah Putih ini salah satu tempat yang pengen aku kunjungi nih, semoga bisa kesana suatu hari nanti, hehe..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:53 PM

      Aamiin

  • Arai Amelya
    Arai Amelya January 5, 2021 at 3:53 PM

    Dari seluruh provinsi di Jawa, aku belum pernah ke Jabar mkwkw. Pengen banget bisa ke Bandung, Ciwidey dari dulu udah naksir. terpikat sama kawah putihnya, duh semoga corona segera hilang yaaa

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:54 PM

      Waduh belum pernah ke Jabar? Jadi wishlist ya kakak

  • Phai Yunita S Wijaya
    Phai Yunita S Wijaya January 5, 2021 at 3:56 PM

    Ini tempat wishlist aku loh Kak ke ciwidey, entah kapan bisa kesini. Emang supeerr dingin kata keponakanku., tapi Beneran indah banget ya. Duuh mupeng aku

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:54 PM

      Semoga pandemik cepat kelar

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina January 5, 2021 at 4:01 PM

    Jadi inget tahun 2008 ke kawah putih sama temen2 SMA, mabok naik mobil ke atas kawah putih itu jalannya muter2 bgt. Duh jadi pengen ke sana lagi

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 4:54 PM

      Wah, sampe mabok?

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah January 5, 2021 at 5:31 PM

    Masih jadi impian saya untuk bekunjung ke sini Mba, dari dulu banget pengen bisa main ke sini tapi belum ada kesempatan. Udah ke Bandung sekali tapi diburu waktu, hiks.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 9:36 PM

      Semoga bisa cepat terwujud keinginannya

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati January 5, 2021 at 5:58 PM

    Saya sudah sering mendengar kemasyhuran kawah ciwidey ini. Cantik banget memang. Moga suatu hari nanti bisa ke sana.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 9:36 PM

      Buat yg foto prewed juga recommended nih

  • eka fl
    eka fl January 5, 2021 at 8:35 PM

    asyik nih liburan ke kawah putih, saya juga pernah kesana tapi udah lama banget. jadi pengen kesana lagi, huhuhu

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 5, 2021 at 9:36 PM

      Sama nih

  • Ainhy Edelweiss
    Ainhy Edelweiss January 6, 2021 at 12:46 AM

    Jadi pengen berwisata di sana, melihat jejak letusan gunung Patuha. Semoga suatu hari bisa menjejakkan kaki juga

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com January 6, 2021 at 3:53 AM

      Iya kak

  • Celoteh Dini Hari
    Celoteh Dini Hari January 6, 2021 at 7:53 AM

    yahhh,,, mbak ku udah pernah kesini tapi aku beluuummmmmmm

    udah keburu pandemiiii


    padahal ada olan ke jabar harusnya 2020 kmren tuh

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com May 21, 2021 at 2:07 PM

      Ayo kk kalau dah gak ada pandemik ya

  • Niwanda
    Niwanda January 6, 2021 at 3:25 PM

    Udah sering dengar bahkan sempat ada acara kantor ke sana tapi pas belum bisa ikutan hiks... Padahal seru ya buat pengalaman baru seperti ini, wisata alam yang cocok buat keluarga.

  • Www.iffiarahman.com
    Www.iffiarahman.com February 22, 2021 at 1:46 AM

    kawah putih selalu cantik dan bagus pemandangannya

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com