SAYUR DAUN UBI TUMBUK


Suami saya numpang lahir di Medan, orang tuanya dari Mandailing Natal, Sumatra Utara. Sebelum menikah, saya kurang akrab dengan makanan bersantan karena Mamah saya dulu lebih banyak menyajikan masakan Sunda-Jawa yang bening penuh sayuran, sedangkan setelah kerja lebih ke makanan Cina yang banyak di sekitar kantor. 


Contoh lumpang kayu dan alu-nya 
Gambar diambil dari Google

Sayur daun ubi tumbuk adalah salah satu makanan khas Mandailing Natal yang disukai suami saya. Ibu Mertua malah sengaja membawakan satu set alat tumbuk daun singkong berupa lumpang kayu dan alu-nya, yang sekarang sudah dimakan usia.


Teri nasi

Saya ingin berbagi resep makanan yang di lidah saya sih cukup lezat namun bahan-bahannya tersedia di Kang Sayur. Fyi, saya baru belajar masak setelah menikah. Jadi kalau masakan saya tidak sempurna, harap maklum 😁 


Takokak

Bahan: 

  • 2 ikat daun singkong, ambil daunnya saja, tumbuk atau sobek-sobek halus 
  • 1 genggam buah takokak, geprek 
  • 100 gram teri nasi, goreng 


Bumbu halus: 

  • 5 siung bawang merah 
  • 2 siung bawang putih 
  • 2 ruas kunyit, bakar 
  • 4 butir kemiri, sangrai 
  • 1 sendok makan ketumbar, sangrai 
  • Bila suka pedas, boleh tambahkan cabe rawit merah sesuai selera


Bumbu tabur: 

  • 1 batang sereh, geprek 
  • 1 ruas lengkuas, geprek 
  • 1 buah santan instan 
  • Garam secukupnya 
  • Gula sesuai selera 
  • Boleh ditambahkan penyedap rasa bila suka


Baca juga: Wisata Sebelum Pandemik: ISTANA MAIMOON


Cara membuat: 

  1. Didihkan air, rebus daun singkong dan takokak hingga layu, buang airnya 
  2. Tumis bumbu halus hingga harum 
  3. Masukkan air, tunggu hingga mendidih 
  4. Masukkan rebusan daun singkong dan takokak, teri nasi dan bumbu tabur 
  5. Tunggu hingga mendidih lagi, matikan api 


Dan tada… 

Masakan siap dihidangkan. 

Sebetulnya membuat sayur daun ubi tumbuk ini mudah cuma karena bumbunya yang banyak dan proses memasak yang agak ribet buat saya, jadinya saya agak jarang memasak ini. Tapi alhamdulillahnya kalau masak ini bukan cuma suami yang suka, anak-anak pun lahap. 

So, tertarik untuk mencobanya? Atau bahkan sudah sering memasaknya? 



Next Post Previous Post
8 Comments
  • Mayuf
    Mayuf December 16, 2020 at 7:28 AM

    Aku baru tahu sayur daun ubi tubuk hehe
    Soalnya kalo bapakku biasanya daun ubi di buat lalap di rebus dulu, aku juga suka pake sambel yang pedes :D

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 16, 2020 at 7:14 PM

      Saya mah dari dulu tahu cuma gak perna makan baru setelah menikah sering bikin. Heheh

  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi December 16, 2020 at 11:42 AM

    selama ini belum pernah merasakan daun ubi

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 16, 2020 at 7:15 PM

      Recommended buat dicoba kakak

  • Tika Insani
    Tika Insani December 16, 2020 at 4:41 PM

    Uwaaaaa kangen banget makan daun ubi tumbuk, dan ini salah satu favorit aku. Orang tuaku keduanya orang Medan bahkan tepatnya di Mandailing Natal jadi sayur ini udah familiar banget di rumah. Tiap mudik lebaran ke Medan aja pasti makannya ini ditambah gulai sale ikan + nasi hangat ya ampun enak banget! 😆
    Sejak pandemi belom pernah pulang nih jadi belom nemuin sayur ini lagi deh di rantauan 😥

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 16, 2020 at 7:15 PM

      Ah betul itu. Sayangnua di sini gak ada ikan sale

  • resep
    resep December 26, 2020 at 7:45 PM

    wah ini sih menu kesuka saya juga mba, apalagi pas makan ditambah sambal dan kerupuk, mantap sekali, tapi emang bener si cara membuatnya agak ribet, hehe

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 30, 2020 at 12:02 AM

      Beuh mantap itu mah

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com