Wisata Sebelum Pandemik: ISTANA MAIMOON


Siapa yang kangen piknik? Cung! 

Dulu saat virus Corona meraja lela dan menjadi pandemik seperti sekarang, saya dan suami pernah berkunjung ke beberapa tempat. Nah, yang akan saya tulis sekarang adalah istana Maimoon di Medan. 

Saya mengunjungi istana Maimoon ini bersama tiga keponakan cantik yaitu Dini, Sunting dan Fani. Dari rumah kakak ipar di Sei Deli, kami naik angkot selama kurang lebih 15 menit. Turun di depan Masjid Raya Medan, lalu jalan kaki menuju istana Maimun. 


Masjid Raya Medan


Takjub. 

Dari pinggir jalan nampaklah bangunan khas Melayu nan megah dengan didominasi warna kuning, emas dan hijau yang terang benderang. Halamannya luas, namun sayang saat kami ke sana terlihat banyak sampah berserakan di sembarang tempat, mengganggu keindahan istananya. 

Dilansir dari Wikipedia, istana Maimun dibangun pada tahun 1888 oleh Theodore van Erp, atas perintah Sultan Deli, Ma'moen Al-Rasyid. 



Saat kami masuk langsung menuju tangga tinggi dan lebar, disambut alunan live musik dengan para penabuh berbusana Melayu nan sendu, kaki pun tak terasa melangkah mengikuti irama... dan akordeon, selaras dengan sang vokalis yang mendayu-dayu seperti Ikhsan Idol. Di dalam istana terdapat berbagai benda hiasan istana, bahkan tahta Sang Sultan yang sangat mewah. 

Baca juga: GLOWHITE INTENSIVE SERUM dari Klinik Kecantikan Nouria





Setiap sudut istana memiliki spot indah untuk berfoto, bahkan di beranda. 

Setelah puas berkeliling, kami turun keluar lalu menuju ke halaman samping menuju Meriam Puntung. 


Meriam Puntung


Hikayat Meriam Puntung

Ada yang pernah dengar mitos "Meriam Puntung"? 

Alkisah, raja kerajaan Aceh meminang Putri Hijau, ditolak. Raja Aceh pun menyerang kerajaan Deli Tua. Untuk mempertahankan istana, Mambang Hayali, adiknya Putri Hijau menjelma menjadi meriam. 

Bila dilihat dari bentuknya, ini lebih mirip moncong meriam yang patah. 


Kereta kencana milik Sultan Deli

Tak jauh dari lokasi meriam puntung, terdapat sebuah kereta kencana milik Sultan Deli. Kereta itu tampak mewah senada dengan istananya. 

Petang menjelang, terdengar adzan Ashar dari Masjid Raya. Kami pun mengakhiri wisata di istana Maimoon, saksi bisu kejayaan Kesultanan Deli. 

Next Post Previous Post
21 Comments
  • Mayuf
    Mayuf December 17, 2020 at 5:26 AM

    Bagus jdi pengin hehe

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 17, 2020 at 4:35 PM

      Iya Kak. Destinasi wisata bersejarah yang enak dinikmati

  • Kyndaerim
    Kyndaerim December 23, 2020 at 9:17 PM

    lah, mbak Pit, tinggal di Medan kah? atau cuma liburan aja?
    Aku waktu mudik 2 tahun lalu juga sempat ke Maimoon, tapi nggak masuk, karena padat merayap, hehe..
    Habis itu sholat dzuhur di Masjid Raya, wajib sih kalo udah ada diarea ini masjid ini. Ah jadi kangen Medan akutuh :D

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 23, 2020 at 11:00 PM

      Bukan. Itu pas ke rumah kakak ipar aja, sekalian ajak jalan ponakan2

    • Kyndaerim
      Kyndaerim December 24, 2020 at 2:19 AM

      oalaah.. kiraiiin, hehe..

  • Phai Yunita S Wijaya
    Phai Yunita S Wijaya December 23, 2020 at 11:03 PM

    Nuansanya emang khas Melayu banget ya mbak. Pernah ke Medan tapi belum sempat ke istana Maimoon, karena fokusnya bulan jalan-jalan sih wkwk. Semoga next time bisa kesini juga lah.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 24, 2020 at 12:28 AM

      Recommended ini tempatnya

  • Sarah Jalan
    Sarah Jalan December 24, 2020 at 1:50 AM

    Aku dua kali kesini sama sama belom beruntung, pertama kepagian..istana belum buka.,kedua kesorean istana sudah tutup..padahal berharap banget bisa nyobain baju adatnya 😭

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 25, 2020 at 5:52 AM

      Wah sayang banget

  • Asasunnajah
    Asasunnajah December 24, 2020 at 7:46 AM

    Wah aku belum pernah sama sekali menapak ke tanah sumatra. semoga ada takdir bisa menginjakkan kaki kesana. amin. Rasanya selalu terkesan dengan kisah-kisah tanah melayu.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 25, 2020 at 5:52 AM

      Aamiin

  • Han
    Han December 24, 2020 at 8:35 AM

    Pernah denger kisah meriam puntung cuman lupa darimana ya aku dengernya? Berasa dejavu gitu baca tulisan mbaa. Apa karena akhir2 ini sering kebawa mimpi kisah-kisah melayu ini yaa, hehee

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 25, 2020 at 5:53 AM

      Waduh sampe ke mimpi 🤗

  • Karimah Iffia Rahman
    Karimah Iffia Rahman December 24, 2020 at 9:41 AM

    Bagusnyaaa, aku belum pernah ke sini semoga suatu hari bisa berkunjung ke istana ini. Sholawatin dulu ah...

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 25, 2020 at 5:53 AM

      Aamiin

  • Akarui Cha
    Akarui Cha December 24, 2020 at 4:31 PM

    Sewaktu SMA, saya punya teman dari Medan dan ia selalu berkisah tentang cantiknya istana Maimun. Senang saya bisa mampir ke mari. Duh,masalah sampah di lokasi wisata masih jadi PR kita bersama ya. Sayang sekali kalau begini terus.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 25, 2020 at 5:53 AM

      Betul itu

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah December 24, 2020 at 6:20 PM

    Huwo MEDAN. MasyaAllah mba pengen dolan ke sana saya. Pandemi nggak pernah kemana-mana ditambah emak mertua udah nggk bisa ngapa2in jadi stay beneran di rumah nih. Semoga ada rejeki bisa ma in ke situ.

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 25, 2020 at 5:54 AM

      Gegara pandemik ini 2020 saya cuma ke Sukabumi, bukan wisata tapi antar ponakan nikah. Eh malah curhat

  • eka fl
    eka fl December 24, 2020 at 6:21 PM

    wah seru ya piknik ke bangunan bersejarah, ini di bangun tahun 1800an lagi, kerasa banget hawa masa lalunya. istana maimoon mengalami restorasi juga kah? btw kenapameriamnya di kasih bunga ya? berasa agak spooky jadinya, hehehe

    • ceritaoryza.com
      ceritaoryza.com December 25, 2020 at 5:56 AM

      Kurang tahu juga sudah pernah renovasi gak. Kalau meriam dikasih bunga sih biasa, di beberapa keraton di Pulau Jawa benda2nya banyak yang dikasih bunga. Biasa aja sih

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com