CARA SETOR TUGAS VIA EDMODO

Punya anak pertama, pertama kali masuk SD, pertama kali sekolah online saat pandemi. Itulah dilema orang tua murid baru tahun ajaran 2020/2021. 

Awalnya guru kelas Ory, Bu Indri, membagi kelas dalam beberapa kelompok belajar sesuai tempat tinggal masing-masing siswa. Ory belajar di rumah Vanya yang hanya berbeda blok saja. Kebetulan 4 dsri 5 siswa di kelompok belajar ini dari TK yang sama, jadi teman baru Ory cuma nambah 1 saja. 

Belajarnya pun hanya 3 hari masing-masing hanya 1 jam. Kata Bu Indri, memang tidak efektif. Kami pun sebagai orang tua turut merasakan kerepotan para guru yang harus berkunjung ke setiap kelompok belajar berbeda setiap harinya. 

Masih untung Ory punya 1 adik saja yang masih bayi, gak kebayang deh dengan orang tua yang punya anak SD lebih dari satu, harus mengantar belajar kelompok ke rumah si A, si B dan seterusnya... 

Di hari yang kosong (tidak belajar kelompok), biasanya guru memberi tugas lalu dikumpulkan dengan cara difoto lalu dikirim ke Whatsapp grup kelas. Guru harus memeriksa tiap foto tugas yang masuk di WAG dan menyusunnya secara manual

Kemudian di wilayah kabupaten kami ternyata ada beberapa orang di beberapa kecamatan sekitar yang terdeteksi positif Covid-19. Belajar kelompok yang baru berjalan 2 pekan pun tetiba harus full online tanpa ada tatap muka langsung sama sekali.  

Di WAG, Bu Indri menginformasikan bahwa akan memakai aplikasi Edmodo dan meminta alamat e-mail. Saya pun bertanya-tanya, aplikasi apakah itu? Aplikasi kelas online yang pernah saya pakai hanya Zoom. 

Menurut Bu Indri, pilihan Edmodo ini juga mempertimbangkan bagi siswa yang tidak tersedia komputer di rumahnya dan kuota yang cukup untuk full belajar online. Oh baiknya Bu Indri... 

Setelah dipelajari ternyata aplikasi ini cukup mudah, untuk setor tugas tinggal klik dan unggah. Namun ada beberapa siswa lain yang ternyata setor tugasnya via postingan di Edmodo, atau di kolom komentar pada postingan tugas dari Bu Indri Ini tuh semacam setor tugas via WAG, bedanya tugas langsung masuk ke database tugas yang ada di aplikasi Edmodo Guru, bukan disusun manual. 

Tugas yang disetor via postingan dan komentar tentunya tidak akan masuk ke database tugas, sehingga kemungkinannya siswa tidak dapat nilai. Alhamdulillah, untungnya Ibu Indri ini orangnya fleksibel, tugas juga boleh disetor via WAG atau dikirim langsung ke sekolah. 

Oleh karena itulah saya ingin berbagi pengalaman mengumpulkan tugas via Edmodo. 




Pertama, klik Membuat akun gratis lalu tampil halaman baru, klik Siswa




Kode kelas didapatkan dari guru, nama pengguna diisi dengan nama siswa, password, ketik ulang password dan masukkan alamat e-mail lalu klik Buat Akun

Setelah disetujui oleh guru, akan muncul menu kelas. 




Pada gambar di atas dapat dilihat di menu Kelas ada postingan berjudul "UJI COBA 2", klik Lihat Tugas




Berikutnya akan muncul halaman tugas. Pelajari dan lakukan tugasnya. Berhubung ini berbentuk file doc, silakan unduh dulu aplikasi Google Docs untuk membukanya. 

Setelah tugas dikerjakan, tugas difoto kemudian klik tombol Kumpulkan Tugas di paling bawah. 




Selanjutnya klik tombol Sisipkan untuk melampirkan foto tugas, pilih dari galeri, crop. Foto yang dipilih akan muncul, lalu klik tombol Kirim di kanan atas. 

Tada... tugas pun terkirim ke guru dan recorded dalam database tugas. 

Untuk melihat kembali tugas yang sudah disetor, bisa buka kembali postingan Tugas dari guru, klik Lihat Tugas lalu klik Lihat yang Mengumpulkan. Akan muncul foto tugas yang sudah disetorkan. 

Nah, mudah kan Bunda? Selamat mencoba! 

Oya kalau Bunda mau lihat tulisan saya yang lain, silakan klik di sini

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. 








Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url