5 Jenis Cara Melukis beserta Alat yang Perlu Disiapkan

Melukis merupakan salah satu hobi yang menyenangkan. Apabila kamu tertarik mencoba aktivitas baru untuk dijadikan sebagai hobi, maka melukis bisa menjadi pilihan yang tepat.
Agar bisa melakukan kegiatan melukis, tentunya kamu perlu mempelajari macam-macam teknik dalam melukis dan mempersiapkan beberapa peralatan penunjangnya.
Kamu dapat melengkapi berbagai peralatan lukis yang dibutuhkan dengan berbelanja menggunakan kartu kredit online yang tidak hanya akan membuat transaksi menjadi lebih mudah namun juga akan memberikan penawaran menarik.
Pembahasan lengkap terkait macam-macam teknik melukis dan peralatan yang perlu disiapkan untuk memulainya, akan dijelaskan pada poin-poin di bawah ini. 


Teknik-Teknik dalam Melukis 

Untuk kamu yang tertarik memulai hobi melukis, ada baiknya kamu mengenal teknik-teknik apa saja yang biasanya digunakan saat melukis. 
Dengan mengetahui teknik-teknik tersebut, nantinya kamu jadi bisa menentukan teknik mana yang paling sesuai dengan keahlianmu dan yang paling nyaman dilakukan. Apabila sudah menemukan teknik melukis yang nyaman, maka nantinya kegiatan melukis jadi bisa terasa lebih menyenangkan.
Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang teknik-teknik yang terdapat dalam seni lukis:
  • Teknik Lukis Pointilis

Teknik lukis pertama yang perlu kamu pahami ialah teknik melukis pointilis. Sesuai dengan namanya, teknik melukis satu ini dilakukan dengan cara menghubungkan antar titik sampai akhirnya terbentuk pola yang diinginkan.
Namun dengan teknik menghubungkan titik tersebut, untuk bisa menyelesaikan sebuah lukisan kamu memerlukan kesabaran yang ekstra. Meskipun demikian, proses tidak akan menghianati hasilnya. Kamu dapat menghasilkan lukisan pointilis yang memukau apabila pintar menentukan gradasi warna yang akan digunakan.
  • Teknik Lukis Aquarel

Berikutnya ada teknik lukis aquarel. Pada teknik lukis ini, kamu hanya perlu mengaplikasikan cat secara tipis saja. Dengan cara ini, kamu akan menghasilkan lukisan dengan paduan warna yang bisa dibilang tembus pandang. Untuk bisa melakukan teknik lukis ini, peralatan penting yang perlu kamu siapkan ialah cat air.
  • Teknik Lukis Plakat

Teknik satu ini bertolak belakang dengan teknik aquarel, yaitu teknik melukis plakat. Pada teknik aquarel kamu melukis dengan cat yang tipis, teknik satu ini dilakukan dengan mengaplikasikan cat secara tebal. 
Kamu bisa mengenali hasil lukisan yang menggunakan teknik plakat apabila lukisan tersebut terlihat sangat pekat. Untuk bisa menghasilkan lukisan dengan teknik plakat, kamu dapat menggunakan cat poster atau bisa juga dengan cat air.
  • Teknik Lukis Tempera

Ada juga teknik lukis tempera. Teknik melukis ini biasanya dilakukan apabila ingin melukis dengan media dinding bangunan. 
Tips yang perlu diingat apabila ingin melukis dengan teknik tempera ialah kamu perlu melukis pada saat cat dasar pada dindingnya masih dalam kondisi basah. Dengan menerapkan tips tersebut, hasil jadi dari lukisan akan lebih menyatu.
  • Teknik Lukis Spray

Sesuai dengan namanya, teknik lukis spray dilakukan dengan cara menyemprotkan cat air di media lukis. Namun apabila ingin melukis dengan teknik ini, kamu perlu melakukannya dengan hati-hati agar hasilnya bisa tetap rapi.

Baca juga: Pengalaman Oxy Treatment di Sebuah Klinik



Peralatan Melukis yang Perlu Dipersiapkan

Sama seperti hobi lainnya, untuk bisa melukis, ada beberapa peralatan yang perlu kamu persiapkan. Supaya bisa lebih cepat dan mempermudah ketika berbelanja peralatan melukis, kamu dapat memanfaatkan kartu kredit digital untuk menyelesaikan transaksinya.
Berikut akan dibahas mengenai peralatan apa saja yang sekiranya dibutuhkan jika kamu ingin mencoba melukis:
  • Media Lukis

Untuk melukis, sebenarnya kamu bisa menggunakan media lukis apa saja. Namun mengutip dari laman Karya Karsa, beberapa media yang bisa kamu pertimbangkan sebagai media untuk melukis antara lain mulai dari kanvas, kain, atau sekedar di kertas.
  • Cat Lukis

Ketika hendak melukis, tentunya kamu membutuhkan cat. Untuk cat lukis sendiri ada beberapa jenis yang bisa dipilih tergantung pada tujuan maupun teknik lukis yang akan kamu gunakan.
Sebagai pertimbangan, beberapa jenis cat lukis yang bisa kamu pilih antara lain ialah cat air, cat gouache, cat akrilik, cat poster, cat minyak, cat semprot, hingga cat tekstil. Masing-masing jenis cat tersebut dapat menghasilkan lukisan yang menarik apabila diaplikasikan pada media lukis yang tepat.
Apabila kamu ingin melengkapi koleksi cat lukismu, saat ini kamu dapat memanfaatkan penggunaan kartu kredit online sebagai alat transaksinya, lho!
  • Kuas

Peralatan berikutnya yang tidak kalah penting dari cat, ketika kamu berniat untuk melukis, yaitu kuas. Kuas lukis ini terdiri dari beberapa jenis yang bisa dikategorikan dari bentuk maupun ukurannya. Agar bisa menghasilkan lukisan yang menarik, maka kamu perlu memperhatikan jenis-jenis kuas yang akan digunakan.
Beberapa jenis kuas lukis yang bisa kamu temukan antara lain, yaitu kuas flat, kuas round, kuas filbert, kuas bright, hingga kuas rigger. Masing-masing kuas tersebut memiliki fungsi tersendiri.
  • Palet Cat

Agar mempermudah kamu dalam proses melukis, maka kamu juga perlu mempersiapkan palet untuk menyatukan cat yang akan digunakan.
  • Pisau Palet

Selain membutuhkan palet, untuk mendukung kegiatan melukismu dengan baik, maka kamu juga bisa menyediakan pisau palet. Yaitu alat yang memiliki fungsi untuk mengaduk maupun mencampur warna cat yang akan digunakan.

Nah, itu dia penjelasan tentang teknik-teknik dalam melukis dan peralatan yang perlu dipersiapkan.
Untuk kamu yang tertarik memulai hobi melukis, kamu dapat melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengandalkan kartu kredit dari digibank by DBS sebagai metode pembayarannya apabila ingin membeli peralatan-peralatan yang dibutuhkan. 
Kartu Kredit Digital digibank merupakan kartu kredit berbasis digital pertama di Indonesia. Menariknya lagi, kartu kredit ini memiliki keunggulan yang sangat cocok untuk kamu yang enggan ribet, seperti misalnya proses approval dalam 60 detik, selain itu kamu juga dapat atur dan monitor seluruh transaksi melalui Aplikasi digibank by DBS. 
Tertarik untuk mendapatkannya sekarang? Pembahasan lebih detail tentang produk kartu kredit online ini bisa kamu dapatkan dengan klik di sini!


Next Post Previous Post
21 Comments
  • Firsty Ukhti Molyndi (Molzania)
    Firsty Ukhti Molyndi (Molzania) December 11, 2023 at 4:49 PM

    Enak kalo bisa melukis. Sayangnya tanganku kaku. Jadi susah kalo mesti megang kuas. But thanks for sharing. 😅😅

  • Mechta
    Mechta December 12, 2023 at 4:28 AM

    Aku paling ga bisa melukis, tapi sukaaa melihat lukisan2 indah..hehe.. Terima kasih sharing infonya ya...jadi nambah wawasan tentang melukis

  • Ririn Erviana
    Ririn Erviana December 13, 2023 at 11:29 PM

    Salut banget sama orang-orang yang bisa melukis. Karena aku susah banget deh mendapat hasil maksimal untuk kegiatan satu ini. Rasanya nggak telaten nggak kreativitas nggak keluar. Tapi aku suka ngelihatin hasil lukisan-lukisan orang lain.

  • ilmumodern.com
    ilmumodern.com December 14, 2023 at 1:23 AM

    Walaupun saya dari alumni teknik mesin tapi dalam hal melukis aku masih awam banget dan baru tau cara melukis dari artikel ini makasih kak

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi December 14, 2023 at 7:43 AM

    Kalau melukis, aku agak kesulitan sepertinya, Mbak. Namun, kalau menggambar bebas, aku oke aja, asal gak diketawain, kwkwkwk...

  • zaimah_19
    zaimah_19 December 14, 2023 at 8:04 AM

    Jadi ingat saat SMP pernah juara 1 melukis se kabupaten padahal sy merasa lukisan sy biasa aja. Sampe skrg malah gak pernah melukis lagi. Dulu alat lukis lengkap, belajar teknik juga tapi sekarang malah udah lupa semua bahkan jadi gagap seni seperti menggambar.

  • Tulisan Penjahit Alamanda
    Tulisan Penjahit Alamanda December 14, 2023 at 8:42 AM

    Melukis berbeda dengan menggambar. Dalam menggambar terutama gambar teknik terikat aturan yg baku dalam bentuk dan ukuran. Saya terbiasa menggambar teknik tetapi tidak bisa melukis dengan baik.

  • Kata Nieke
    Kata Nieke December 14, 2023 at 1:45 PM

    Sebenarnya melukis itu salah satu hobiku. Dulu itu kerap bereksperimen dengan cat air, krayon, dan sebagainya. Tapi udah berapa tahun absen nih. Hiks. Sebagai gantinya suka menghadiri pameran lukisan.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu December 14, 2023 at 3:47 PM

    mengasikkan nih hobi melukis ya, siapkan alat-alatnya, dan dari hobi bisa jadi cuan juga

  • Alfia D. Masyitoh
    Alfia D. Masyitoh December 14, 2023 at 4:31 PM

    Aku tuh nggak bisa melukis walaupun suka lihat lukisan2. Dulu pas SMA sering ke pameran lukisan soalnya ngerjain tugas kesenian. Sampe dewasa ini juga masih liat pameran lukisan kadang. Tapi ya tetep gak bisa gambar wkwk. Dari dulu aku penasaran sama teknik pointilis. Keliatannya cuma titik2 aja, tapi ternyata tidak semudah itu :")

  • Yola Widya
    Yola Widya December 14, 2023 at 5:55 PM

    Dari dulu pengen bisa melukis tapi ko ga bisa2 aja yah hehe, makanya selalu kagum sama mereka yang pinter lukis

  • Adi Pradana
    Adi Pradana December 14, 2023 at 6:03 PM

    Temen SMA saya dulu ada yang pinter banget nggambar dan melukis, kalau pelajaran seni lukis dapat nilai bagus terus. kalau saya mah paling g bs melukis. sampai2 sempat mbolos pas pelajaran seni lukis. hehe

  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah December 14, 2023 at 8:27 PM

    Ini cocok bgt buat anak aku yg suka menggambar. Kayaknya suka juga main warna, sebagai basic skill melukisnya. Sebelum beranjak ke digital, alangkah baiknya menjajal skill manual ya.

  • Muhammad Gusti Apriansyah
    Muhammad Gusti Apriansyah December 15, 2023 at 12:56 AM

    karya dari seni lukis cantik banget, sayang sudah coba beberapa kali ngelukis selalu gagal

  • Nita
    Nita December 15, 2023 at 6:21 AM

    meski tak pandai melukis, saya suka banget liat pelukis yg sedang menggoreskan kuasnya di atas canvas. nayak gaya dan teknik melukis ternyata ya. ternyata banyak juga ya.

  • lendyagasshi
    lendyagasshi December 15, 2023 at 2:47 PM

    Melukis ini bagaikan bagian lain dari otak kita yang bekerja.
    Hihihi.. kayanya aku gak ada bakat seni, huhuhu.. tapi kalau belajar, minimal bisa melukis dengan teknik yang benar yaa..

  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari December 15, 2023 at 6:36 PM

    Anak sulungku hobi melukis nih, beberapa jenis cat air sudah dicobanya, peralatan lukis jadi masuk belanja bulanan juga akhirnya hehehe

  • Nurfadhilah Bahar
    Nurfadhilah Bahar December 16, 2023 at 7:00 AM

    Aku dari dulu pengan banget belajar melukis. Tiap kali ke museum dan liat karya-karya lukis para seniman itu aku langsung mikir, kok bisa ya mereka bikin karya sebagus ini. Aku bisa gak ya, kayak mereka. Aku pengen nyoba dari dasar dulu kali ya hehe

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani December 16, 2023 at 4:28 PM

    Teknik melukis ini ada banyak ya, baru kemarin anakku dapat tugas di sekolah tentang tejnik memercik. Peralatan melukis jadi hal yang perlu disiapkan biar hasil melukis lebih maksimal

  • hallobia
    hallobia December 16, 2023 at 10:37 PM

    Duh kelemahanku banget kalau soal gambar menggambar dan lukis melukis. Makanya salut banget dengan pelukis yang punya tangan dan ide yang magis

  • Antung apriana
    Antung apriana December 18, 2023 at 11:33 PM

    jujur penasaran banget sama orang yang bisa melukis itu kok bisa mereka bikin lukisan yang cakep. tapi ada juga lukisan yang menurutku abstrak banget tapi nilainya bisa tinggi juga penasaran itu menilainya gimana

Add Comment
comment url