5 Cara Sederhana Untuk Menghemat Baterai HP

Pernahkah teman-teman merasa baterai hape cepat habis? Beberapa hal yang bisa menyebabkan baterai hape cepat habis, seperti menggunakannya untuk bermain game terus menerus, atau banyak digunakan untuk streaming. Nah, 5 cara sederhana berikut bisa dilakukan untuk menghemat baterai hape. 


Mengatur kecerahan layar

Layar adalah komponen yang paling banyak mengonsumsi baterai. Oleh karena itu, mengatur kecerahan layar menjadi salah satu cara paling efektif untuk menghemat baterai. 

Biasakan mengatur kecerahan layar sesuai kebutuhan, tidak terlalu cerah. Kita juga bisa mengesetnya dengan mode auto sehingga kecerahan layar secara otomatis menyesuaikan dengan terangnya sekitar hape. Pilihlah wallpaper dan screen saver juga yang berwarna gelap agar kecerahan layar tetap terjaga. 


Layar tidur

Layar tidur adalah fitur yang secara otomatis mematikan tampilan layar setelah beberapa detik tidak digunakan. Fitur ini berguna untuk menghemat baterai saat kita tidak menggunakan hape. Pada pengaturan hape, cari menu layar tidur, aturlah paling lama 30 detik. Menu ini akan secara otomatis mematikan tampilan layar sesuai waktu yang dipilih. 

Efek berikutnya bila terlalu lama penggunaan layar tanpa tidur bisa mengakibatkan hape menjadi cepat panas. Suhu hape yang tinggi dapat menyebabkan baterai cepat habis.

Mode gelap

Pada beberapa hape, ada yang menyediakan fitur mode gelap. Fitur ini membuat tampilan latar belakang yang muncul di hape menjadi gelap, seperti wallpaper aplikasi Whatsapp atau Chrome. Mode gelap dapat menghemat baterai hingga 30%. Hal ini karena mode gelap menggunakan warna hitam yang membutuhkan lebih sedikit daya daripada warna putih.

Matikan bluetooth, wifi, GPS, hotspot

Kalau tidak digunakan, matikan fitur bluetooth, wifi, GPS dan hotspot agar fitur tersebut tidak bekerja saat tidak diperlukan sehingga tidak "makan" baterai. Bila tetap nyala maka fitur-fitur tersebut akan tetap bekerja meski tidak digunakan. 

Hindari membuka aplikasi terlalu banyak

Terkadang tanpa sadar kita membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, dan aplikasi tersebut tetap terbuka meski tidak digunakan. Sebaiknya segera tutup aplikasi yang tidak digunakan tersebut, dan kita bisa membukanya lagi bila diperlukan saja. 

Aplikasi yang terbuka di latar belakang tetap akan mengonsumsi baterai, meski tidak digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya tutup aplikasi yang tidak digunakan agar baterai lebih awet.


Demikianlah 5 cara sederhana untuk menghemat baterai hape. Bila teman-teman ingin menambahkan cara lain sesuai kebiasaan teman-teman, silakan tulis di kolom komentar ya!


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url