sooltanPay: Cara Mudah Menggunakan QRIS

Di era digital seperti sekarang ini, semua serba dimudahkan. Internet kini sudah ada di genggaman, tidak harus duduk manis di depan komputer, sambil rebahan pegang smartphone pun bisa berselancar di dunia maya. Begitu mudahnya mengakses internet sehingga kita pun bisa melakukan pembayaran berbagai tagihan dan bahkan berbisnis di genggaman. Para pemilik usaha kecil, toko online dan lain sebagainya bisa melakukan dan menerima pembayaran melalui QRIS (baca: “kris”). 


Apa itu QRIS?

Bagi sebagian orang yang sudah terlebih dahulu mengenalnya, mungkin QRIS sudah tidak asing lagi. Namun demikian, masih ada beberapa orang lainnya yang mungkin baru mendengar saja tentang QRIS. Berikut adalah pengertian QRIS yang dilansir dari website QRIS. 


QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. Pertama kali diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019, diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.


Baca juga: Adult Acne: Saat Jerawat Muncul di Usia 30-an dan 40-an

Siapa saja yang memerlukan QRIS?

Setelah melihat pengertian dan sekian banyak manfaat QRIS, tentu kita bisa menentukan siapa saja yang memerlukan penggunaan QRIS. Orang yang memerlukan QRIS terbagi 2 bagian besar, yaitu: 


Merchant

Yang dimaksud dengan merchant adalah orang atau perusahaan yang menerima pembayaran atas penjualan barang atau jasa, misalnya pelaku bisnis, pemilik toko offline seperti warung atau toko online, dan lain sebagainya. 


User

Nah, orang yang melakukan pembayaran, pembelian barang atau jasa, inil sebagai ah yang disebut user, atau kita juga bisa menyebutnya sebagai konsumen. 

Keuntungan menggunakan QRIS

Ada begitu banyak keuntungan menggunakan  QRIS, oleh karena itulah QRIS dikembangkan untuk memudahkan sistem pembayaran. Beberapa keuntungan menggunakan QRIS antara lain: 


  • Cepat, mudah dan kekinian

  • Praktis, tidak ribet karena tidak menggunakan uang tunai

  • Aman dan terlindungi dengan baik karena penyelenggara QRIS pasti berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia


Karena tanpa uang tunai alias cashless, maka transaksi menjadi jauh lebih aman karena kita bisa terhindar dari uang palsu, tidak perlu repot menyediakan uang kembalian, dan bahkan mempermudah pembukuan transaksi. 



Cara membuat QRIS

Dari penjelasan di atas, masih bingung dengan cara membuat QRIS? Kini ada cara yang sangat mudah untuk membuat QRIS, yaitu dengan mengunduh aplikasi sooltanPay



Cara mengunduh aplikasi sooltanPay

smartphone ada yang memakai sistem operasi Android dan ada juga yang memakai sistem operasi IOS. Setiap orang memilih sistem operasi pada smartphonenya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan cara mengunduh aplikasi sooltanPay pun ada sedikit perbedaan. 


Android

Pada smartphone berbasis Android, cara mengunduh aplikasi sooltanPay adalah sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi Google Play Store

  • Ketik “sooltanPay” pada kolom pencarian

  • Setelah muncul, silakan klik tombol “Instal” 

  • Jika sudah terunduh, klik tombol “Buka” 


IOS

Untuk smartphone berbasis IOS, cara mengunduhnya adalah: 

  • Silakan kunjungi website sooltanPay

  • Klik tombol “Add to Homescreen” 

  • Atau tambahkan pada halaman utama untuk mendapatkan tampilan aplikasi


Dan, aplikasi sooltanPay pun siap digunakan! 


Cara mendaftar QRIS melalui aplikasi sooltanPay

Sekarang aplikasi sooltanPay sudah terpasang di smartphone. Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mendaftar QRIS melalui aplikasi sooltanPay, caranya pun mudah. 


  • Buka aplikasi soooltanpay

  • Klik tombol “Daftar”

  • Kemudian isi nama sesuai KTP, nomor handphone, dan silakan gunakan kode referral "PIPITZL" untuk mendapatkan saldo sebesar Rp. 15.000, namun kode referral ini tidak wajib diisi

  • Jika sudah, klik tombol “Selanjutnya” 

  • Berikutnya, kita akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan pada nomor handphone yang tadi didaftarkan. Silakan masukkan kode OTP tersebut dalam kolom yang sudah disediakan

  • Jika sudah, klik tombol “Selanjutnya” 

  • Lalu buatlah password untuk digunakan saat masuk ke aplikasi sooltanPay. Disarankan menggunakan password yang mudah diingat namun kuat, mengandung huruf besar, huruf kecil, simbol dan angka

  • Jika sudah, klik tombol “Selanjutnya” 

  • Pada halaman berikutnya, buatlah PIN yang terdiri dari kombinasi 6 angka untuk keamanan setiap melakukan transaksi. 

  • Jika sudah, klik tombol “Selanjutnya” 

  • Silakan membaca “Syarat dan Ketentuan” aplikasi sooltanPay dengan lengkap dan teliti dari awal hingga akhir. Pahami baik-baik. Jika sudah, klik tombol “Setuju”


Dan, kita pun sudah terdaftar dalam aplikasi sooltanPay



Cara menggunakan aplikasi sooltanPay

Untuk menggunakan aplikasi sooltanPay, silakan masuk dengan menggunakan nomor handphone yang tadi sudah didaftarkan dan password. Bila ingin login cepat setiap kali menggunakan aplikasi sooltanPay, klik kolom “Ingat saya”. Lalu klik tombol “Masuk”. 


Pada halaman berikutnya, masukkan 6 digit nomor PIN dan klik tombol “Konfirmasi” 


Sekarang kita sudah bisa menggunakan aplikasi sooltanPay sesuai dengan kebutuhan. 


Jadi, proteksinya ganda ya. Pada saat masuk ke dalam aplikasi sooltanPay, kita harus menggunakan password, dan untuk melakukan transaksi diperlukan 6 digit nomor PIN juga. 



Keuntungan menggunakan QRIS di aplikasi sooltanPay

Lalu apa sajakah keuntungan menggunakan QRIS di aplikasi sooltanPay dibandingkan dengan menggunakan QRIS di penyelenggara yang lain? Apa saja yang membedakannya? Penasaran? 


Biaya MDR 0%

Merchant Discount Rate (MDR) adalah potongan atau biaya yang dikenakan pada pemilik usaha (Merchant) ketika konsumen melakukan transaksi melalui QRIS. Biasanya Merchant dibebani biaya MDR 0,7%, namun di sooltanPay tidak ada potongan karena biaya MDR-nya masih 0%. 


Bisa digunakan oleh siapapun

Bila pada zaman dahulu kita hanya mengenal pembayaran modern di merchant-merchant ternama di mal, maka dengan menggunakan QRIS di aplikasi sooltanPay, siapapun dapat menggunakannya. Tidak hanya pelaku bisnis, UMKM, bahkan warung kelontongan dan tukang sayur keliling pun bisa menggunakan QRIS di aplikasi sooltanPay


Pencairan saldo kurang dari 24 jam

Merchant dapat menerima dan menarik saldo pendapatan secara realtime sesaat setelah konsumen selesai melakukan scan QRIS sooltanPay. Tentunya hal ini dapat dengan mudah mengatur cashflow lebih baik dan lebih cepat. 


Bisa menggunakan E-Wallet apapun

Sekarang ini ada berbagai macam e-wallet seperti Dana, Ovo, Gopay, Shopeepay, Link aja. sooltanPay dapat menerima pembayaran dari e-wallet apapun, dan bahkan M-Banking. Hal ini sangat memudahkan bagi Merchant karena hanya dengan satu QRIS, konsumen bisa bertransaksi dengan nyaman. 


Auto Sooltan

Dengan berbagai kemudahan yang didapatkan dari menggunakan QRIS di aplikasi sooltanPay, pelaku usaha aka Merchant otomatis jadi sooltan. Penjualan menjadi lebih efisien, lebih mudah, lebih cepat dan meminimalkan berbagai resiko dengan transaksi konvensional. 


Baca juga: JUMISO Cica Toner dan Serum



Ketentuan QRIS

Dalam setiap aplikasi, pasti ada ketentuan QRIS yang ditetapkan. Silakan kunjungi website sooltanPay untuk membacanya dengan teliti hingga mengerti. 



Nah, apakah teman-teman tertarik untuk menggunakan QRIS di aplikasi sooltanPay? Atau malah sudah pernah menggunakannya? 


Yuk segera unduh aplikasi sooltanPay dan nikmati segala kemudahannya!

Next Post Previous Post
8 Comments
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen May 20, 2023 at 5:49 AM

    Aplikasi finance baru ya mba.. baru denger nih. Tapi memang skr ini QRIS udah banyak digunakan sih. Bahkan ntr lagi bisa utk pembayaran di Negara2 Thailand dan Malaysia. Menyusul negara asia tenggara yg lain.

    Aku sendiri pake, tapi dari CIMB . Sesekali dari QRIS nya gopay. 2 itu doang sih. Jadi lebih enak setelah ada qris. Aku udh lama ga bawa cash lagi kemana2 😄

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com May 20, 2023 at 9:21 PM

      Iya kk

  • Firmansyah
    Firmansyah July 20, 2023 at 8:54 AM

    Kalau fitur QRISnya sih sudah sering pakai ya, karena bisa digunakan di banyak aplikasi MBanking dan Dompet Digital. Tapi sooltanPay ini saya belum pernah coba sih. Bertambah deh nih rekomendasi dompet digital yang baru. :D

    Thank you for the information ya, Kak.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 20, 2023 at 9:17 PM

      Siip, selamat mencoba Sooltanpay!

  • Rizalfikry
    Rizalfikry August 15, 2023 at 7:02 AM

    Saya juga pakai ini sebagai provider QRIS di toko saya,,, dana pendapatan mudah dicairkan dan selalu lancar.
    BTW sekarang namanya jadi Indibiz Pay

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 16, 2023 at 7:33 PM

      Wow!

  • Raja Lubis
    Raja Lubis August 16, 2023 at 11:35 PM

    Aku baru tahu ada Sooltanpay. Usahaku masih pake QRIS dari GoBiz. Bisa dicoba juga ah daftarnya karena MDR-nya ternyata 0%.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 17, 2023 at 4:19 PM

      Nwh, silakan kk!

Add Comment
comment url