Blogging: Tidak Sekedar Menulis di internet

Beberapa tahun yang lalu saat pertama kali menulis blog, saya menggunakan blog hanya untuk sekedar curhat, di sela-sela penatnya pekerjaan kantor. Saat itu sama sekali tidak terpikir untuk "berbagi" tulisan yang mungkin bermanfaat untuk orang lain, atau apalagi sampai monetize blog, sehingga isi tulisan dalam blog saya hanya berbagai curhatan saja yang bahkan mungkin orang lain akan bosan membacanya. Dengan masih menggunakan domain gratisan dan "modal nulis doang" saya memulai blog ini. Terlebih provider internet baru ada untuk skala kantor atau rumah saja, sedangkan internet pada telepon genggam belum umum. 

Hingga saat saya mulai hamil dan punya anak, mencari informasi yang berhubungan dengan kesehatan via internet di genggaman tangan aka hape. Saya pun mulai tertarik mencari informasi tentang skincare yang aman untuk ibu hamil, dan menemukan berbagai beauty blog dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Berikutnya, saya mulai intens "menulis beneran". 

Semakin banyak berselancar di internet, smakin banyak ilmu yang saya dapatkan, semakin saya tahu bahwa internet, blogging dan menulis adalah satu kesatuan. Namun ternyata blogging itu tidak sekedar menulis saja. 




Memilih Platform Blog

Sebetulnya ada banyak sekali platform blog. Setahu saya di Indonesia yang paling populer adalah Wordpress dan Blogspot. Saya sendiri lebih memilih Blogspot karena lebih mudah digunakan, pakai internet rumah via komputer ataupun pakai internet hape, dan tidak perlu membayar hosting. 

Niche Blog

Dari berbagai tulisan yang dibuat, biasanya dalam sebuah blog ada interest tertentu yang paling menonjol, inilah yang disebut dengan niche blog. Ada blog dengan niche teknologi, pertanian, kesehatan, kecantikan dan lain-lain. 

Menentukan Domain

Kita bisa memilih apakah akan tetap menggunakan domain bawaan yang gratis atau membeli domain. Biasanya domain bawaan itu menggunakan ekstenstion "blogspot(dot)com" atau "wordpress(dot)com", dan kalau beli domain bisa langsung dengan nama domain kita seperti ceritaoryza.com. Ekstension domain pun tidak hanya ".com" saja, ada juga ".co.id", ".my.id" dan lain-lain. 

Mempelajari SEO

Nah, inilah ilmu yang tampak mudah namun ternyata pelik. Untuk meningkatkan posisi hasil pencarian di mesin pencari, diperlukan trik tertentu, yang umum disebut sebagai SEO. Ada banyak panduan dan informasi untuk mempelajari Search Engine Optimation (SEO) seperti dari grup Telegram, e-book, atau melalui internet. 

Sosial Media

Sekilas tidak nampak korelasi langsung antara blog dan sosial media, namun dengan share link di berbagai sosial media bisa meningkatkan kesempatan menambah trafik. 


Monetize

Ini yang paling membuat saya senang setelah menulis blog, ternyata bisa menghasilkan uang, walaupun saat ini masih berupa recehan. Monetize blog bisa didapatkan dari iklan yang dipasang pada blog seperti Adsense, Propleller dan lain-lain, bisa juga dari content placement, review berbayar dan sebagainya. 

Sayangnya, khusus untuk Adsense tidak semua blog pasti bisa lolos. Blog ini pun sempat ditolak, alhamdulillah setelah beberapa kali mengajukan akhirnya diterima. Berikut tips agar diterima Adsense berdasarkan pengalaman saya. 


Nah, seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa ternyata blogging itu tidak sekedar menulis. Ada banyak ilmu dan trik yang harus dikuasai untuk menulis di blog. 

Ada website tertentu di internet yang membahas berbagai ilmu blogging dan informasi tentang banyak hal bisa kita dapatkan di internet

Buat saya blogging kini bukan hanya sekedar menulis namun juga membagikan tulisan bermanfaat untuk orang lain. Jadi, untuk blogging mulailah dengan menulis, lalu perbarui cakrawala ilmu blogging melalui internet, itulah pengalaman saya. Bagaimana dengan teman-teman? 
Next Post Previous Post
10 Comments
  • Rizky Kurnia Rahman
    Rizky Kurnia Rahman September 7, 2022 at 4:06 AM

    Jadi, kalau di blog ini, nichenya apa kak?

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 7, 2022 at 4:53 PM

      Beauty & lifestyle

  • tulisanludji
    tulisanludji September 8, 2022 at 11:43 PM

    Menulis blog adalah hobi kecil yang masih aku lakukan setiap akhir pekan. Saat ini, aku masih coba belajar untuk lebih baik lagi. Benar, blog tidak sekedar menulis saja.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 10, 2022 at 2:59 AM

      Keren, Kakak!

  • Kadji
    Kadji September 10, 2022 at 8:00 AM

    Aku juga mulai ngeblog dua bulan yang lalu pada awal bulan semangat sekali rasanya menulis setiap hari 1 artikel. Tapi semakin kesini konsistensi saya diuji dan mulai diuji oleh kemalasan dan kehabisan ide..adakah saran dari kakak Supaya bisa terus semangat dan bagaimana cara mendapatkan ide ? Terimakasih

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 11, 2022 at 3:28 AM

      Wow!

      Biasanya sih saya off dulu nulisnya. Ntar kalau mood dah datang baru nulis lagi. Semoga membantu

  • yayan abdhi
    yayan abdhi September 13, 2022 at 2:17 AM

    Pertama kali kenal blog di tahun 2006, kirain itu hanya seperti buku diary online. Mulai bikin tulisan di blogspot waktu itu, hanya dua artikel.. kemudian saya tinggalkan karena ada sosmed Friendster yang lebih menarik dan ada interaksi dengan sesama pengguna sosmed. Di tahun 2015, saya buka lagi blogspot saya, ternyata banyak yang baca dan komentar, dari yang nyinyir sampai yang mendukung.. wow.. 9 tahun saya tinggalkan ternyata tulisan itu masih eksis dan terjadi kontroversi di kolom komentar.. karena tidak pede dan takut dibully netizen, 2 posting itu saya hapus, dan dimulailah perjalanan ngeblog saya sebagai hobi, pekerjaan sampingan, wahana beraktualisasi, sumbangsih pada industri terkait niche dan mencari teman sesama blogger dan influencer.. seandainya saya tahu, bahwa dari blog bisa dapet cuan seperti sekarang, mungkin saya sudah serius ngeblog dari 2006 itu..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 13, 2022 at 5:56 AM

      Wow! Pengalamannya luar biasa, kk!

  • Haloswant
    Haloswant September 15, 2022 at 8:49 PM

    Sebuah tantangan yang cukup sulit untuk membuat cerita yang bisa dipahami oleh calon pembaca. Saya memiliki blog masih gado-gado, belum tertuju ke satu jenis niche. Seharusnya monetisasi letaknya diakhir atau belakangan, ketika blog sudah memiliki minimal 20 artikel.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 16, 2022 at 6:33 AM

      Setuju

Add Comment
comment url
RajaBackLink.com