Mengenal Investment Income, Hidup Sederhana dari Investasi

Investasi biasanya identik dengan cara melipatgandakan uang untuk jangka panjang. Namun tidak sedikit orang yang menjadikan investasi sebagai penghasilan rutin atau investment income. Investor jenis ini biasanya melakukan investasi untuk memperoleh pendapatan tetap yang bisa menggantikan gaji bulanan. 



Konsep investment income semakin digemari di era digital sekarang ini. Apalagi saat ini berinvestasi semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Sudah banyak platform digital yang menyediakan layanan investasi pada sejumlah instrumen investasi. Contohnya investasi Reksadana melalui mobile banking.

Semakin mudahnya berinvestasi membuat banyak orang ingin menjadikan investasi sebagai pendapatan konstan atau penghasilan reguler. Jika Anda tertarik mengikuti strategi keuangan ini, maka perlu memahami apa itu investment income dan cara menghitungnya. 


Apa Itu Investment Income?

Investment income atau pendapatan investasi adalah strategi investasi yang berfokus membangun portofolio investasi untuk memperoleh penghasilan reguler. Tujuan dari investment income adalah untuk menghasilkan aliran pendapatan yang bersifat konstan bagi investor. 


Dengan strategi investasi ini, investor bisa memperoleh pendapatan dari dividen, pembayaran bunga hingga imbal hasil obligasi. Jadi investor bisa mendapatkan penghasilan bulanan dan tahunan secara optimal dari kegiatan investasi yang dilakukan. 


Ada sejumlah instrumen investasi yang cocok untuk menerapkan investment income. Anda bisa memilih berinvestasi di saham, obligasi pemerintah, Reksadana, rekening berbunga hingga real estate.


Karena tersedia berbagai instrumen investasi, Anda perlu memahami profil risiko dan tingkat returnnya. Supaya bisa optimal dalam memberikan arus pendapatan reguler, sebaiknya pilih instrumen investasi yang risikonya relatif rendah namun menawarkan keuntungan yang kompetitif. 



Keuntungan dari Investment Income


Ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh investor ketika menerapkan investment income. Berikut ini sejumlah kelebihan yang ditawarkan dalam investment income kepada investor. 


  1. Dapat Dijadikan Pendapatan Tetap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kegiatan investasi bisa memberikan penghasilan rutin tiap bulan hingga tahun dari strategi investment income. Selama ini banyak orang hanya tahu sumber pendapatan bulanan berasal dari gaji bekerja. Padahal aliran pemasukan reguler juga bisa didapatkan dari kegiatan investasi. 


Seorang investor yang menjadikan investment income sebagai pendapatan tetap atau rutin setiap bulannya pasti akan berinvestasi secara fokus dan disiplin. Apabila Anda seorang pekerja, investment income juga dapat digunakan sebagai tambahan dana untuk kebutuhan hidup seperti biaya makan, transportasi dan lainnya. 


Anda juga bisa memanfaatkan investment income untuk mengejar target keuangan jangka panjang. Misalnya Anda bisa mengumpulkan hasil investasi untuk dialokasikan ke dana pendidikan anak, membeli rumah dan sebagainya. 


  1. Untuk Menghimpun Kekayaan

Investment income juga bisa menjadi cara untuk menghimpun kekayaan bagi investor. Dengan menerapkan strategi investment income secara tepat dan optimal, maka Anda bisa menambah kekayaan dalam waktu lebih cepat. Investment income juga dapat menunjang Anda untuk mencapai financial freedom


Kekayaan tidak selalu dihitung dari jumlah uang kas yang dimiliki oleh seseorang. Kekayaan adalah akumulasi dari harta yang dimiliki, baik yang berupa uang tunai maupun aset-aset lainnya. Ketika Anda berinvestasi jangka panjang, nilai-nilai aset investasi Anda akan bergerak naik sepanjang rentang waktu tersebut 


Cara Menghitung Investment Income

Untuk menghitung investment income, ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan. Mulai dari metode Total Return (RT), Annualized Return (AR), Compound Return (CR), Geometric Mean Return (GMR) dan Arithmetic Mean Return (AMR). 


Berikut ini penjelasan cara menghitung investment income dengan sejumlah metode tersebut:


  1. Total Return 

Total return (TR) adalah perhitungan keuntungan atau kerugian investasi selama periode tertentu. Penghitungan investment income dengan metode total return memiliki dua tahapan. Pertama Anda harus menentukan total dana yang Anda dapatkan selama berinvestasi, termasuk juga adanya perubahan nilai investasi Anda. Kemudian bandingkan hasil tersebut dengan modal investasi atau dana yang Anda keluarkan saat awal berinvestasi. 


  1. Annualized Return 

Annualized Return (AR) adalah metode penghitungan rata-rata return disetahunkan. Penghitungan return tersebut biasanya dilakukan dengan hitungan geometris. Saat melakukan penghitungan, Anda wajib menggunakan compound return atau bunga berbunga. 


  1. Compound Return 

Compound Return (CR) adalah hasil investasi ketika imbal hasil yang Anda dapatkan tidak diambil, melainkan Anda investasikan lagi ke modal awal. Dengan cara ini maka keuntungan yang akan Anda terima di tahun berikutnya bisa lebih besar. 


  1. Arithmetic Mean Return 

Arithmetic Mean Return (AMR) adalah metode penghitungan rata-rata return per tahun atau annualized return. Dengan metode AMR, Anda bisa mengetahui rata-rata return per tahun. Cara menghitungnya yakni dengan membagi return dengan jumlah tahunnya. Namun metode ini memiliki kelemahan karena seringkali terjadi bias jika imbal hasilnya bersifat fluktuatif secara signifikan. 


  1. Geometric Mean Return

Geometric Mean Return (GMR) merupakan metode penghitungan yang dianggap lebih akurat dibanding AMR. Metode ini bisa menunjukkan hasil lebih akurat nilai rata-rata tahunan, yang didapatkan dari distribusi return selama masa waktu tertentu. Untuk menghitung kinerja investasi di masa lalu, metode GMR juga dapat menyajikan hasil lebih akurat. 


Itulah sejumlah metode untuk menghitung investment income. Cukup mudah bukan cara menghitungnya? Anda hanya perlu terbiasa mempraktikkan penghitungan tersebut pada investasi yang Anda terapkan untuk investment income


Rekomendasi Mobile Banking untuk Investasi Reksadana

Setelah mengetahui apa itu investment income apakah Anda semakin yakin untuk menjadikan investasi sebagai penghasilan rutin tiap bulannya? Selain mengetahui cara menghitung investment income, Anda juga perlu memilih instrumen investasi yang tepat dan cocok untuk keuangan Anda. 

Jika Anda mencari instrumen investasi yang risikonya relatif rendah dan menawarkan keuntungan yang kompetitif, maka investasi Reksadana adalah pilihan yang tepat. Saat ini Anda bisa berinvestasi Reksadana melalui mobile banking. M banking adalah platform keuangan untuk memudahkan transaksi di era digital. 

Salah satu mobile banking yang menyediakan fitur investasi Reksadana adalah PermataMobile X. Mobile banking dari PermataBank ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Cara daftar mbanking ini sangatlah mudah dan persyaratannya cukup sederhana. 

Melalui PermataMobile X, Anda bisa memulai investasi Reksadana dengan modal sebesar Rp100,000. Ada empat produk investasi reksadana yang bisa Anda pilih, yaitu Reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Informasi lebih lengkap mengenai mobile banking PermataMobile X bisa Anda baca di sini.







Next Post Previous Post
67 Comments
  • Jastitah
    Jastitah July 24, 2023 at 6:39 PM

    Investasi memang sangat diperlukan di era saat ini. Agar kita bisa lebih siap untuk mempersiapkan keadaan di masa yang akan datang

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 6:56 PM

      Yes banget kk

  • Adi Pradana
    Adi Pradana July 24, 2023 at 10:37 PM

    Pendapatan investasi menjadi alternatif menarik bagi mereka yang menginginkan sumber penghasilan pasif, di mana uang bekerja untuk mereka tanpa perlu melakukan aktivitas aktif setiap hari. Dengan memilih instrumen investasi yang tepat, investor dapat mengoptimalkan pendapatan bulanan atau tahunan dari portofolio investasinya.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 6:57 PM

      Menarik sekali, bukan?

  • irma
    irma July 25, 2023 at 9:19 PM

    Jaman skrg memang udah seharusnya mulai melek investasi begini. Aku merasa perkembangan ekonomi dunia udah semakin gak stabil, apalagi perkembangan ekonomi dompet pribadi. Reksadana jadi pilihan investasi saat ini sih.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 6:58 PM

      Setuju kakak

  • Naufal Al Rafsanjani
    Naufal Al Rafsanjani July 26, 2023 at 7:43 PM

    Terima kasih sudah memberikan bahan bacaan sekaitan dengan investment income. Saya tertarik dengan dunia investasi, cuma memang belum tau mesti memulai dari mana.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 16, 2023 at 7:34 PM

      Semoga betmanfaat kk!

  • Rizalfikry
    Rizalfikry July 26, 2023 at 8:59 PM

    Bangun kos-kosan sepertinya juga masuk dalam investment income ya. Modal awal cukup besar, tapi kalau laku terus bisa jadi income rutin yang tak habis-habis.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 16, 2023 at 7:35 PM

      Betul sekali kk

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro July 26, 2023 at 10:56 PM

    Aku setuju sih sama investasi semakin mudah saat ini. Ada banyak platform yang bisa kita manfaatkan. Cuma memang kudu hati-hati juga. Aku lebih pilih investment income tuh buat memenuhi tujuan keuangan jangka panjang.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 6:59 PM

      Investasi memang tidak bisa dilihat hasilnya kalau dalam jangka pendek kak

  • PujP
    PujP July 27, 2023 at 2:28 AM

    saya sudah dengar soal permatamobile X sejak lama pas mau lihat rekening digital. ternyata sekarang juga bisa buat reksadana ya, keren 👍

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 6:59 PM

      Silakan boleh dicoba ya kak

  • SHalikah
    SHalikah July 27, 2023 at 4:55 AM

    Punya pendapatan reguler atau rutin dari hasil investasi itu memang menyenangkan sekali ya. Istilahnya ada sumber penghasilan lain yang juga bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Reksadana memang sering jadi pilihan orang untuk investasi income ini.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 7:00 PM

      Iya banget kak

  • YWidya
    YWidya July 27, 2023 at 6:48 AM

    investasi aman semacam reksadana jadi solusi untuk saving money juga merancang masa depan agar lebih mapan

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 7:00 PM

      Nah, itu dia

  • Rifqi Fauzan Sholeh
    Rifqi Fauzan Sholeh July 27, 2023 at 7:23 AM

    apakah ada rekomendasi buku khusus untuk mempelajari investmen income ini kak?

  • Tomy Tegar
    Tomy Tegar July 27, 2023 at 8:43 AM

    saya jadi pengen coba aplikasi ini deh, soalnya sya hanya berinvestasi fisik melalui aset-aset tertentu, tpi tidak mudah untuk diuangkan.. terimakasih informasi bermanfaat ini..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 7:01 PM

      Silakan kak, recommended

  • lendyagasshi
    lendyagasshi July 27, 2023 at 4:04 PM

    Membayangkan bisa mendapatka pendapatan rutin dari hasil investment ini bahagia banget ya..
    Hanya saja menaruh di beberapa keranjang basketnya ini kudu teliti. Kudu ada resiko juga yang mungkin dipetik dari beberapa Investment Income yang ditanam. Dengan memanfaatkan Mobile Banking untuk Investasi Reksadana, bisa menjadi salah satu keranjang basket Investment Income yang bisa diandalkan.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 7:01 PM

      Betul sekali nih

  • I. Afrina Putri
    I. Afrina Putri July 27, 2023 at 4:15 PM

    Gak asing banget mendengar kata reksadana, dan banyaj yg review juga. Bikin tertafik buat coba disini

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 7:02 PM

      Yuk disegerakan kak

  • Okti Li
    Okti Li July 27, 2023 at 4:16 PM

    Saya juga kepikiran mau banget kalau investasi itu jadi ladang penghasilan pasif. Tapi sekarang ini sudah ya takutnya malah tertipu secara banyak investasi bodong gitu.
    Rekomendasi Reksadana ternyata bisa jadi rekomendasi ya. Ini dijamin aman juga

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:49 AM

      👍👍

  • Bai Ruindra
    Bai Ruindra July 27, 2023 at 6:12 PM

    Makasih ya sharingnya karena kalau bukan sekarang berinvestasi kapan lagi

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 27, 2023 at 7:02 PM

      Sekarang aja ya kak

  • Alfia D. Masyitoh
    Alfia D. Masyitoh July 27, 2023 at 6:44 PM

    Wah ini wawasan baru buatku. Selama ini aku cuma kenal investasi biasa aja, buat nabung aset di masa depan. Tapi ternyata ada invesment income yang bisa jadi pendapatan tetap yaa. Kayaknya aku perlu banyak belajar tentang hal ini..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 30, 2023 at 9:35 PM

      Silakan dicoba kak, recommended

  • Ugik Madyo
    Ugik Madyo July 27, 2023 at 8:39 PM

    Aku baru tahu beberapa metode cara hitung investment income. Jadi bisa lebih terukur ya sesuai dengan kemapuan kita. Terima kasih banyak atas tulisannya Kak. Aku termasuk yang belum mulai investasi nih.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 30, 2023 at 9:36 PM

      Iya kak, semoga bermanfaat

  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari July 27, 2023 at 9:11 PM

    Sepakat dengan investment income ini, daripada uangnya ngendon di bank, lebih baik uang diputar, mulai dari yang kecil aja dulu karena untuk investasi ga perlu nunggu kaya dulu

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 30, 2023 at 9:45 PM

      Nah, saya setuju kak, return-nya lebih gede

  • Eka FL
    Eka FL July 27, 2023 at 10:08 PM

    salah satu cara punya pendapatan lain selain gaji ternyata bisa juga dengan investment income ya, selain punya usaha tentunya

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 30, 2023 at 9:45 PM

      betul kak, salah satu pilihan investasi

  • Fandhy Achmad R
    Fandhy Achmad R July 28, 2023 at 12:14 AM

    di jaman sekarang, investasi memang penting banget ya, untuk masa depan, juga bisa menjadi tambahan pendapatan sampingan, namun harus hati-=hati dalam memilih investasi

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com September 17, 2023 at 7:49 AM

      Iya kak, setuju

  • Ulfah Aulia
    Ulfah Aulia July 28, 2023 at 7:48 AM

    Memilih berinvestasi memang baik untuk finansial jngka panjang yaa Kak.. Tapi memang kudu hati2 saat berinvestasi, yaa bnyak2 memahami instrumen dan istilah2 investasi yaa..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 30, 2023 at 9:46 PM

      Semoga bermanfaat

  • Dita Indrihapsari
    Dita Indrihapsari July 28, 2023 at 2:33 PM

    Semoga suatu saat nanti aku dan keluargaku bisa juga sampai di tahap investment income ini.. :) Mesti nambah pendapatan dulu nih biar bisa lebih banyak yang diinvestasikan.. :D

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 30, 2023 at 9:47 PM

      Mulai 100 ribu aja

  • Antung apriana
    Antung apriana July 28, 2023 at 8:50 PM

    Wah berarti nggak perlu pakai aplikasi lain ya kalau mau nabung reksadana di permarta mobile karena sudah ada di rekeningnya

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 30, 2023 at 9:47 PM

      silakan dicoba kak

  • Yayan Abdhi
    Yayan Abdhi July 30, 2023 at 8:46 PM

    Metode Compund Return cocok untuk kita yang hanya bisa menabung sedikit tiap bulan. Investasi adalah tentang waktu, kesabaran dan konsistensi. Tanpa 3 faktor itu, kebanyakan orang menjadi putus asa atau gagal total.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 30, 2023 at 9:48 PM

      Nah, itu dia! Setuju banget kak

  • Puspita Wulandari
    Puspita Wulandari July 31, 2023 at 6:18 PM

    Terimakasih sudah membuka wawasan tentang investasi apalagi di zaman ini ya

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 1, 2023 at 1:05 AM

      Recommended kak, silakan mencoba

  • Raja Lubis
    Raja Lubis August 2, 2023 at 9:13 PM

    Kalau untuk dijadikan penghasilan tetap, harus gede juga modal untuk diinvestasikannya juga. Dan pemilihan instrumen investasinya juga harus tepat.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 3, 2023 at 1:48 AM

      Gak gede kak, mulai cepek juga bisa koq

  • irpanisme
    irpanisme August 2, 2023 at 9:35 PM

    Saya juga sedang belajar invest di pasar modal. Tapi dengan modal kecil-kecilan dulu, karena masih belajar. Mudah-mudahan nantinya bisa jadi sumber penghasilan.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 3, 2023 at 1:49 AM

      Wow! Keren banget deh kk

  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto August 3, 2023 at 7:13 AM

    Saham tetap jadi idola investasiku sih. Dgn mencari saham2 murah dgn valuasi bgs, cuan bs di tangan tuh. Asal ga ikut2an group pom2 atau ikut group ga jls yg suruh invest di saham tertentu sih aman ya. Plus pake uang dingin ya. Jgn pake dana darurat utk invest.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 5, 2023 at 9:17 AM

      Wah trims tipsnya kak

  • Ainun
    Ainun August 3, 2023 at 9:04 AM

    aku tau istilah reksadana waktu dulu kuliah dari baca baca majalah khas anak kuliahan. Dari situ aku melek sama financial, dan berharap kalau sudah punya gaji sendiri bisa mencoba investasi
    Nah pas udah kerja, kata kata investasi reksadana masih melekat di pikiranku dan akhirnya kesampaian juga buat investasi reksadana.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 5, 2023 at 9:18 AM

      👍👍 keren

  • Firmansyah
    Firmansyah August 3, 2023 at 9:35 AM

    Wah, tulisannya isi 'daging' semua nih tentang investasi. Kudu pintar-pintar investasi zaman sekarang agar tidak menyesal pada masa depan nanti. Thanks for sharing, Kak.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 5, 2023 at 9:18 AM

      Semoga betmanfaat

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara August 3, 2023 at 9:15 PM

    Banyak yang nyaranin buat investasi Reksadana apalagi sekarang banyak yang bagus, dimulai dari uang kecil dan minim risiko. Nanti coba cek deh. Lumayan kayanya

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 5, 2023 at 9:19 AM

      Iyes pakek banget

  • Muiz
    Muiz August 4, 2023 at 12:33 AM

    Wah tercerahkan kembali nih baca artikel tentang investasi. Sudah beberapa tahun kebelakang saya juga sudah belajar buat investasi jangka panjang beli logam mulia, dan saham. Investasi buat jadi pendapatan tetap oke si, tapi menurutku sekarang ini akan lebih baik lagi jika kita juga berusaha mendapatkan pemasukan pendapatan lebih banyak karena pasti sejalan dengan rencana investasi. Semakin banyak pemasukan semakin banyak pula harusnya yang dapat diinvestasikan.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 5, 2023 at 9:20 AM

      Bagus nih quote-nya

  • Bai Ruindra
    Bai Ruindra August 7, 2023 at 8:11 PM

    Mengenai investasi memang penting banget ya karena tahun ke depan kita nggak tahu apa yang akan terjadi ke depan dan investasi yang paling penting.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 8, 2023 at 6:34 PM

      Nah, itu dia kakak. setuju nih

  • Purwanto
    Purwanto August 15, 2023 at 9:16 PM

    Makasih banyak mbak, ini ilmu baru buat saya dan berguna banget untuk nata keuangan saya

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 16, 2023 at 7:37 PM

      Siip alhamdulillah

Add Comment
comment url