Sudah Memakai Skincare tapi "Gak Ngaruh"? Ini 5 Hal Selain Skincare yang Mempengaruhi Kecantikan Kulit

Untuk mendapatkan kulit yang cantik glowing, kulit harus sehat. Perawatan umum yang diperlukan adalah skincare. Namun demikian terkadang sudah memakai skincare dengan kandungan yang tepat tapi ternyata lambat sekali progress-nya atau bahkan tampak "gak ngaruh" ke kulit. Hal ini bisa juga disebabkan oleh beberapa hal selain skincare yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit. 



Tidur cukup

Normalnya manusia tidur malam selama 8 jam. Kondisi tertentu membuat kita tidak bisa memenuhi waktu tidur yang cukup. Seorang mahasiswa yang memiliki banyak tugas, karyawan yang terpaksa harus lembur, atau bahkan perempuan yang memiliki bayi dan balita, tentunya waktu tidurnya berkurang. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan kulit, bisa jadi kusam, jerawat dan bahkan muncul fnelines


Posisi tidur

Setiap orang memiliki posisi tidur favoritnya masing-masing. Ada yang senang telentang, tengkurap atau miring. Posisi tidur yang membuat wajah tertekan atau bersentuhan langsung dengan bantal atau kasur dapat meninggalkan bekas di kulit, bila dilakukan berulang-ulang, terus-menerus, finelines akan lebih cepat muncul. Oleh karena itulah untuk mendapatkan kulit yang cantik disarankan agar tidur telentang. 


Kebersihan tubuh dan tempat tidur

Masih bicara tentang tidur, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah kebersihan tubuh dan tempat tidur. Debu dan kotoran dari benda-benda di sekitar kita bisa jadi pemicu gatal dan tumbuhnya jerawat. 

Sebaiknya sebelum tidur kita tidak hanya melakukan double cleansing dengan baik, juga mandi yang bersih. Sarung bantal, guling dan sprei dicuci minimal seminggu sekali, dan setiap kali akan tidur, bersihkan dulu tempat tidur, bisa dengan cara dikebas atau divakum sesuai kebiasaan teman-teman. 


Asupan gizi seimbang

Sayur, buah, biji-bijian, makanan rendah gula, air putih yang cukup dan makanan sehat lainnya adalah "skincare yang dimakan". Tanpa disadari, jerawat bisa muncul bukan hanya karena pengaruh luar seperti debu, kotoran dan polusi, namun juga dapat dipengaruhi oleh asupan gula, lemak dan karbohidrat dalam tubuh. 

Dengan makanan sehat dan gizi seimbang, tubuh jadi lebih sehat dan secara otomatis kulit wajah pun tampak lebih segar, jerawat berkurang dan cantik. Kita boleh mulai mengurangi asupan raw sugar, gorengan, makanan olahan dan lain-lain, bukan sebagai diet untuk menurunkan berat badan (saja) namun sebagai gaya hidup untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kulit yang cantik. 


Cara pakai skincare

Nah, bahasan kita balik lagi nih ke skincare, namun bukan bicara tentang skincare-nya melainkan cara pakai skincare ke wajah. Sebaiknya sejak kecil membiasakan diri "menyentuh" wajah "ke arah luar" sehingga saat memakai skincare pun demikian. Hal ini berpengaruh ke tarikan kulit wajah. Bila "ke arah dalam", tentu kita akan melihat lekukan. Lama-kelamaan kebiasaan tersebut akan mempercepat penampakan finelines

Sedangkan untuk leher agar tidak cepat kendur, aplikasikan skincare dari bawah ke atas. 


Nah. apakah teman-teman sudah menerapkan hal-hal tersebut di atas? Tbh, saya pun belum bisa melakukannya dengan sempurna. Durasi tidur masih sekenanya, posisi tidur pun favorit saya malah bukan telentang, begitu juga dengan gula dan gorengan yang masih dikonsumsi. 

Demikianlah 5 hal selain skincare yang mempengaruhi kecantikan kulit. Dengan gaya hidup sehat, tubuh menjadi sehat dan kulit pun menjadi cantik dari dalam. 

Kalau teman-teman ada yang mau menambahkan, feel free to write it on comment column ya! 

Next Post Previous Post
16 Comments
  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi July 7, 2023 at 6:32 PM

    Kecantikan kulit banyak faktornya baik eksternal maupun internal. Mau bagus ya dua2nya harus klop

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 7, 2023 at 11:40 PM

      Setuju!

  • Aliyatus sa'diyah
    Aliyatus sa'diyah July 10, 2023 at 6:23 PM

    wah iya nih banyak faktor dan yang tahu ya diri sendiri emang

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 10, 2023 at 8:49 PM

      Setuju juga

  • Purwanto
    Purwanto July 17, 2023 at 1:05 AM

    Saya diebeliin skincare sama istri, saya makainya sembarangan, di wajah saya puter-puter aja dan makainya kalau lagi ingat aja. Istri ya agak ngedumel gitu....

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 19, 2023 at 7:06 AM

      😂

  • sarrahgita
    sarrahgita July 17, 2023 at 9:44 PM

    betul banget nih mba, ternyata untuk mendapatkan kulit impian, ga hanya dengan cara memakai skincare saja, melainkan ada banyak faktor lain yang menentukan seperti asupan makanan yang kita konsumsi serta gaya hidup yang kita lakukan sehari-hari.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 19, 2023 at 7:07 AM

      👍

  • Ulfah Aulia
    Ulfah Aulia July 19, 2023 at 2:38 AM

    Ngaruh banget ternyata yaa Kak kebiasaan sehari-hari kita dengan kecantikan kulit

    Setuju nihh kalau tidur yang cukup, posisi tidur, kebersihan diri bahkan asupan gizi juga menjadi faktor yg mempengaruhi kulit kita..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 19, 2023 at 7:07 AM

      Iya kk

  • Yayan Abdhi
    Yayan Abdhi July 20, 2023 at 6:19 AM

    Beberapa poin baru tahu dari artikel ini. Sampe urusan menarik wajah saat pakai skincare juga ngaruh ternyata. Urusan tidur juga, saya udah gk pernah lagi tidur 8 jam per hari. Bisa 6 jam aja udah syukur bgt.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 20, 2023 at 9:14 PM

      Waduh, semoga segera bisa memperbaiki habitnya ya kak

  • Garis Senja Dinda
    Garis Senja Dinda July 20, 2023 at 8:20 PM

    Bener banget mbak, percuma aja sih skincare mehong-mehong tapi yg di dalem tubuh nggak diperhatikan. Baik di dalam maupun di luar semua perlu diperhatikan. ❤️❤️

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 20, 2023 at 9:15 PM

      iya banget kakak

  • halloannisa
    halloannisa August 1, 2023 at 11:20 PM

    Waktu kuliah, saya sering memakai berbagai macam skincare, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Tapi saya nggak melihat perubahan yang signifikan di wajah, eh ternyata karena jarang ganti sarung bantal. Jorok sekali rasanya hahaha

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 3, 2023 at 1:46 AM

      Wahaha

Add Comment
comment url